Plenthong Konslet & Pesta Kembang Api Sambut Tahun Baru Di Klaten

by Admin 252 views

KLATEN -- Perayaan malam pergantian tahun bakal dipusatkan di Alun-alun Klaten, Senin (31/12/2018) hingga Selasa (1/1/2019). Perayaan yang dimeriahkan dengan pentas musik serta pesta kembang api itu menghadirkan bintang tamu grup gamelan kontemporer, Plenthong Konslet dari Jogja.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten, Kostrad Budi Nugroho, mengatakan pentas akhir tahun dimulai Senin pukul 15.30 WIB hingga Selasa pukul 00.30 WIB bertepatan dengan pergantian tahun.

Pentas diawali dengan penampilan sejumlah band lokal serta pertunjukan tari. “Band lokal disaring dari pentas musik yang digelar setiap akhir pekan. Untuk mengisi jeda antarband ada nuansa klasiknya melalui tari dengan mengangkat potensi lokal,” kata Kostrad saat ditemui solopos.com di ruang kerjanya, Rabu (26/12/2018).

Sesuai rundown acara, Plenthong Konslet bakal tampil pukul 22.45 WIB-23.40 WIB serta penutup perayaan pada pukul 00.00 WIB-00.30 WIB. “Tepat malam pergantian tahun ada pesta kembang api. Sebelumnya ada sambutan dari bupati,” urai dia.

Kostrad mengatakan Plenthong Konslet merupakan grup gamelan asal Jogja yang pernah mengikuti ajang Indonesia Mencari Bakat. Ia berharap penampilan band tersebut bisa mendatangkan suasana lebih etnik.

Soal anggaran untuk pelaksanaan malam pergantian tahun, Kostrad menuturkan sekitar Rp140 juta dari APBD Klaten.

Sementara itu, sejumlah objek wisata yang dikelola desa memilih tak memanfaatkan momentum malam pergantian tahun. Hal itu seperti di objek wisata air Umbul Ponggok, Kecamatan Polanharjo. “Tidak ada kegiatan pesta malam pergantian tahun di Umbul Ponggok,” kata Direktur BUM Desa Tirta Mandiri Ponggok, Joko Winarno.

Begitu pula dengan dengan objek wisata Bukit Cinta dan Watu Prahu (BCWP) di Desa Gununggajah, Kecamatan Bayat. Pengelola tak membuka layanan saat malam pergantian tahun. “Untuk malam pergantian tahun tidak ada acara. Pada 1 Januari 2019 baru kami ada pentas dangdut mulai pukul 10.00 WIB,” kata Petugas Humas dan Pemesanan BCWP, Muhammad Qomarudin. 

Rekomendasi tempat perayaan malam pergantian tahun selain Alun-alun Klaten:

1.  Wisata Candi Plaosan di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten

2. Kawasan Hotel Galuh di Desa Tlogo, Kecamatan Prambanan

3. Taman Lampion di Kelurahan Bareng Lor, Kecamatan Klaten Utara

4. Hutan Kota Gergunung di Kelurahan Gergunung, Kecamatan Klaten Utara

5. Objek Wisata Deles Indah di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang

6. Objek Wisata Kalitalang di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang

7. Rowo Jombor  di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat