Bikin Instagramable, Seniman Grafiti Sulap Objek Wisata Mata Air Cokro

by Admin 19 views

Klaten — Puluhan writer atau seniman graffiti dan mural jalanan meramaikan acara Klaten Graffity Jamming di Objek Mata Air Cokro (OMAC), Klaten, Sabtu- Minggu (14-15/4). Mereka menghiasi sejumlah tembok mengelilingi destinasi wisata yang kesegaran airnya berasal dari  Umbul Ingas di Desa Cokro, Kecamatan Tulung ini.

“Ini acara komunitas Local Warrior yang bertujuan untuk ajang silaturahmi antar seniman jalanan di Klaten. Pesertanya sekitar 40 writer asal Purwodadi, Jogja, Salatiga, Wonogiri, Solo, serta komunitas musik hiphop lokal Klaten,” ujar perwakilan Local Warrior, Romy Iskandar, Minggu (15/4).

Bukan hanya ajang kolaborasi dan pamer aksi, lanjut dia, kegiatan bertajuk ‘Change in Town’ tersebut bertujuan untuk memberi warna baru bagi wajah OMAC. Harapannya wisata air Cokro tetap menjadi destinasi favorit pengunjung untuk bersantai dan menikmati alam.

“Selain eksplorasi seni, kami berharap hasil dari Klaten Graffity Jamming ini bisa menjadi spot foto yang Instagramable bagi wisatawan. Karena sesuai tema, niat kami ingin memperbarui wajah Umbul Cokro lewat kreasi graffiti dan mural,” imbuh Romy.

Dari pantauan, berbagai kreasi gambar mural dan graffiti menghiasi tembok di bagian belakang OMAC, saluran irigasi, dinding ruang ganti pakaian atau kamar kecil, hingga spot di sekitar areal pemandian. Aksi tersebut tentunya mengundang rasa penasaran pengunjung untuk mengabadikannya lewat kamera smartphone.

“Kalau di Solo kegiatan seperti ini sudah menjamur dan didukung oleh pemerintah. Banyak koridor pertokoan di Jalan Slamet Riyadi yang digambari. Memang secara kreativitas ini menjadi wadah seni anak muda, tapi ada juga yang justru terkesan kumuh. Karena lokasinya di objek wisata, harapannya gambar yang dihasilkan itu bisa dinikmati atau sesuai selera anak- anak kecil,” ujar Harsito, pengunjung asal Joyosuran Pasar Kliwon, Solo.

 

 

Sumber : www.timlo.net