Cinta Sejarah, Ini 6 Tempat Wisata Sejarah Paling Keren Di Semarang!

by Admin 122 views

Seperti kata Bung Karno, "Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah". Maka dari itu bertepatan dengan hari kemerdekaan RI ke 72 JalanTikus akan berikan kamu daftar wisata sejarang paling mempesona di kota Semarang. Kenapa Semarang?

Sebagai kota terbesar kelima di Indonesia, Semarang memiliki beragam keunggulan. Semarang identik dengan rekreasi edukasi atau sejarah. Ada banyak gedung kuno, museum, hingga kawasan tempo dulu yang masih utuh di sana.

6 Tempat Wisata Sejarah di Semarang

Singgah di Semarang seperti memasuki masa lampau. Bayangan perang, wajah-wajah penjajah, serta kejayaan kerajaan nusantara, seakan berkelebat di depan mata. Lantas, dari mana harus menelusurinya?

1. Lawang Sewu

Tahun 1907 silam, gedung ini digunakan sebagai pusat perkantoran pada masa kolonial Belanda. Kemudian, dijadikan penjara paling mengerikan saat Jepang menjajah Indonesia. Kini Lawang Sewu berubah jadi tempat wisata sejarah yang eksotis.

wisata-sejarah-di-semarang-airy-rooms-2

Sumber : dagelan.co

Dengan mempertahankan arsitektur Eropa, Lawang Sewu berhasil menyita perhatian wisatawan. Konon, tempat tersebut memiliki seribu pintu. Saat malam hari, gedung itu sangat indah. Lampu-lampu di sekitarnya menyala terang. Kesan romantis pun berhasil membuang jauh nuansa mistis yang selama ini melekat.

2. Gereja Blenduk

Terletak di kawasan kota lama, Gereja Blenduk menjadi salah satu objek paling menarik. Dibangun tahun 1753, bangunan ini menjadi landmark favorit yang bergaya neoklasik. Bentuk kubahnya mengingatkan pada arsitektur ala Romawi. Namun, model gedungnya telah mengalami beberapa kali renovasi.

wisata-sejarah-di-semarang-airy-rooms-4

Sumber: Wikipedia

Gereja Blenduk yang pertama mengadopsi arsitektur Jawa berkonsep panggung. Kemudian, tahun 1787, bentuknya diubah. Hingga memasuki 1894, H.P.A de Wilde dan W.Westman merombak total dengan gaya Romawi. Modelnya tidak berubah lagi sampai sekarang meskipun selalu diperbaiki.

3. Kelenteng Sam Poo Kong

wisata-sejarah-di-semarang-airy-rooms-3

Sumber: Hello-PET.com

Kelenteng Sam Poo Kong adalah tempat pertama yang disinggahi Laksaman Cheng Ho. Peristiwa tersebut terjadi di tahun 1400-an. Saat itu, Beliau mendiami gua batu. Oleh penduduk setempat, gua ini disulap menjadi kawasan sembahyang, pemujaan, atau ziarah. Kini, kompleks kelenteng dilengkapi dengan patung Laksmana Cheng Ho dan bangunan khas Cina.

4. Museum Ronggowarsito

wisata-sejarah-di-semarang-airy-rooms-5

Sumber: semarangplus.com

Beragam aset bernilai sejarah di simpan dalam Museum Ronggowarsito. Lokasinya berdekatan dengan Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang. Beberapa koleksi yang terdapat di sana, antara lain replika manusia purba, aktivitas penduduk zaman dulu, rumah adat, dan aneka benda pusaka. Tiket masuknya sangat terjangkau, hanya Rp2.000 - Rp4.000 per orang. Khusus wisatawan asing, harus membayar Rp10.000.

5. Museum Jamu Nyonya Meneer

wisata-sejarah-di-semarang-airy-rooms-7

Sumber: detikTravel

Didirikan pada tahun 1984, Museum Jamu Nyonya Meneer menawarkan wisata edukasi berupa warisan budaya leluhur. Pengunjung bisa menyaksikan replika proses pembuatan jamu secara tradisional. Selain itu, terdapat barang-barang koleksi Nyonya Meneer dan suasana pendopo khas Jawa.

6. Masjid Agung Jawa Tengah

wisata-sejarah-di-semarang-airy-rooms-6

Sumber: rasikasemarang.com

Sejak tahun 2001, Masjid Agung Jawa Tengah menjadi objek wisata sejarah andalan di Semarang. Pasalnya, tak hanya menyajikan arsitektur bangunan yang megah dan unik. Masjid ini pun menghadirkan sejumlah tempat untuk mengenang masa lalu. Salah satunya Museum Perkembangan Islam. Kamu bisa melihat sejarah penyebaran Islam di Indonesia, Al Quran raksasa, serta tiruan bedug kulit lembu Australia.

 

 

 

 

 

Sumber : www.jalantikus.com