3 Kuliner Legendaris Ini Cuma Ada Di Semarang

by Admin 46 views

Bicara soal wisata kuliner Semarang, kebanyakan wisatawan pasti menyebut lumpia. Tapi ternyata bukan cuma lumpia lho yang bisa membuat kamu terus terkenang dengan Semarang.

Ada banyak kuliner lezat di pinggir-pinggir jalan Kota Semarang. Jika kamu melintasi kawasan Simpang Lima di malam hari, pasti akan melihat banyak jajanan kaki lima yang disesaki pengunjung di sana.

Penasaran apa saja kuliner rekomendasi Dream untuk kamu yang akan liburan ke Semarang? Berikut ulasannya.

1. Nasi Pecel Mbok Sador

Warung nasi pecel legendaris ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Tempatnya sangat strategis, yakni berada di Simpang Lima dan selalu ramai. Pecel buatan mbok Sador awalnya ada di gang Gandekan, di kawasan Mataram Semarang. Mbok Sador awalnya hanya jualan di pagi hari di emperan rumahnya. Namun, kini beberapa kerabatnya membuka warung pecel di kaki lima di kawasan Jl. Gajah Mada dan Simpang Lima di malam hari.

Di sini kamu bisa memilih lauk yang beraneka ragam, dengan harga yang murah meriah mulai dari Rp6.000. Ada juga empal daging dan sate keong sebagai pelengkapnya.

Pecel Mbok Sador buka mulai pukul 17.30 – 23.00 di deretan PKL Simpang Lima.

2. Nasi Ayam Bu Wido

Satu lagi kuliner legendari Kota Semarang yang patut kamu coba. Warung Nasi Ayam Bu Wido ini sudah mulai berjualan sejak tahun 1958 dan telah memiliki banyak pelanggan karena cita rasa nasi ayamnya yang nikmat. Nasi Ayam Bu Wido ini menggunakan ayam kampung pilihan yang telah diolah dengan bumbu dan santan sehingga daging ayamnya empuk, gurih dan lezat. Tidak hanya soal rasa, warung nasi ayam ini juga terkenal karena memiliki harga yang cukup murah.

Walaupun berlokasi di pinggir jalan dan memiliki tempat yang sederhana, cita rasa khas dari nasi ayam di tempat ini tidak akan mengecewakan. Nasinya yang pulen, suiran ayam yang empuk, sayur labunya yang pedas manis dengan kuah opor yang gurih membuat Nasi Ayam Bu Wido sangat disukai pecinta kuliner khas semarang.

Warung Nasi Ayam Bu Wido buka setiap hari, kecuali Minggu. Mulai pukul 16.30-23.00 di Jl. Melati Selatan, Brumbungan, Semarang Tengah.

3. Nasi Gandul Pak Memet

Sudah pernah mencoba lezatnya Nasi Gandul? Kalau belum pernah, sebaiknya kamu segera mencicipinya, karena makanan ini merupakan kuliner khas daerah Pati, Jawa Tengah, yang dinilai paling 'juara' oleh para wisatawan. Meski Nasi Gandul merupakan kuliner khas Pati, namun ternyata banyak juga tersedia di Semarang. Salah satunya yang terkenal adalah Nasi Gandul Pak Memet. Meski hanya tenda sederhana, pengunjung yang datang ke sana tak pernah sepi. Malah, kamu harus bersiap-siap berdiri menunggu antrean untuk bisa menikmati Nasi Gandul yang disajikan di atas daun pisang itu.

Nasi Gandul adalah nasi yang disajikan dengan lauk serba sapi. Bukan hanya daging, namun juga lidah, usus, hati, paru, babat, dan lainnya, turut disajikan. Ada juga telurpindang. Nasi putih yang masih mengepul dialas daun pisang di sebuah wadah anyam, diracik dengan lauk sapi sesuai permintaan, lalu disiram kuah santan berwarna kecoklatan ditambah kecap manis, jeruk nipis, dan sambal.

Pak Memet dan sang istri berjualan Nasi Gandul di sebuah tenda yang berlokasi Jl Dr Cipto 12A, mulai pukul 18.00-23.00.

 

 

Sumber : www.dream.co.id