Tegal Sulap Kampung Nelayan Jadi Ciamik

by Admin 19 views

Tegal – Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Dengan demikian ada banyak kampung nelayan. Masalahnya, kebanyakan kampun nelayan tersebut berada dalam kondisi kumuh.

“Presiden Jokowi punya ide memperbaiki Kampung Nelayan,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono ketika mengecek salah satu kampung di Kelurahan Tegalsari-Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah, Jumat (9/11).

Ia menjelaskan pemerintah tadinya berencana memperbaiki 10 kampung. Belakangan, mereka memutuskan prioritas dulu pada tiga kampung saja. Satu di Bengkulu, lalu ada Kampung Beting di Pontianak, Kalimantan Barat, yang kerap dikenal sebagai kampung narkoba, serta satu di Tegal.

“Dari tiga yang ada, di sini yang terbaik. Estetikanya bagus. Kawasan nelayan nanti jadi rapi,” sebut Basuki.

Walikota Tegal, H.M. Nursholeh menyebut kalau dana yang dianggarkan sebesar Rp72,8 miliar. Proyek yang berjalan sejak 2016 tersebut memperbaiki lahan kampung seluas 27 hektare. Saat ini sudah 80% terbangun. Ditargetkan bisa selesai pada akhir tahun ini.

“Insya Allah bisa meningkatkan ekonomi,” sebut Nursholeh. Pasalnya, nanti di sini akan dibangun sejumlah kafe. Dengan demikian bisa menjadi salah satu destinasi kuliner baru. Selain itu juga tentu jadi tempat wisata.

Dalam rencana kerja, kampung ini nantinya akan dilengkapi dengan amphitheater, lapangan voli pantai, plaza sepatu roda, juga sejumlah rumah susun (rusun).

“Harapannya kampung di Tegal ini bisa jadi contoh. Nelayan tidak identik dengan kemiskinan,” pungkas Basuki.

 

 

Sumber : www.gatra.com