Wisata Ke Pekalongan? Jangan Lupa Bawa Oleh-Oleh Soto Tauto

by Admin 25 views

Anda yang pernah berwisata ke Pekalongan, Jawa Tengah, pasti sudah tak asing dengan oleh-oleh batik ataupun tauco. Namun, bagaimana dengan soto tauto? Pernahkah Anda membawanya pulang untuk oleh-oleh kerabat di rumah?

Salah satu warung soto tauto yang ada di Pekalongan, yaitu Warung Soto Bang Dul yang menyediakan soto tauto sebagai oleh-oleh wisatawan yang plesir ke Pekalongan. Wisatawan yang berkunjung bisa mendapatkan bahan-bahan soto tauto, mulai dari bihun, tauco hingga bumbu sotonya.

Dedek Hariyanto sebagai pemilik Warung Soto Bang Dul cabang Jalan Gajah Mada mengatakan jika beberapa wisatawan dari Jakarta, Surabaya, Bandung hingga Madura serta beberapa daerah lain sering membeli sotonya untuk dijadikan oleh-oleh.

“Jadi soto tauto bisa buat oleh-oleh paling tahan lama 1-2 hari. Ada yang sudah langganan. Kadang ada 5-10 lebih buat dibungkus,” ujar Dedek, seperti dikutip dari KompasTravel, Selasa (5/6/2018).

Soto tauto sendiri merupakan kuliner khas Pekalongan yang banyak dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Jika dibeli untuk oleh-oleh, soto tauto dikemas secara terpisah. Kuah soto, bumbu tauco, dan isi soto dibungkus secara terpisah. Untuk harga yang dipatok di Warung Soto Tauto Bang Dul yaitu berkisar mulai dari Rp 17.000 per porsinya. Warung ini sendiri sudah mulai buka pada pukul 07.00 WIB.

“Sampai rumah langsung dihangatkan kalau mau makan. Kalau gak langsung makan, bisa masuk kulkas dulu,” tambah Dedek.

Beberapa bahan yang ada di soto tauto yaitu bihun, tauge serta potongan kol yang dicampur di dalam mangkuk, kemudian ditambahkan leh jeroan sapi. Jika tak suka dengan jeroan sapi, bisa mencampurkan daging ayam. Semua bahan yang sudah ada di mangkuk tersebut kemudian ditambahkan satu sendok bumbu tauco serta racikan bumbu rempah-rempah. Terakhir, kuah kaldu bisa disiramkan yang kemudian ditambahkan dengan daun bawang sebagai pelengkap.

 

 

Sumber : www.kabarmaya.co.id