Tak Sekadar Konser, Ini Alasan Borobudur Jadi Panggung Mariah Carey

by Admin 64 views

Tempat penyelenggaraan konser musik di Indonesia semakin beragam akhir-akhir ini. Tidak hanya gedung dan lapangan, kini banyak pertunjukan yang digelar di tempat bersejarah atau warisan budaya. Bahkan sejumlah musisi luar negeri dihadirkan untuk menampilkan aksi panggungnya seperti di kawasan Candi Prambanan, hingga Candi Borobudur.

Lalu, apa manfaat mengadakan konser musisi luar negeri di tempat bersejarah ini?

Edy Setijono selaku Direktur Utama PT TWC (Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan Ratu Boko) menilai, mengadakan konser di lokasi heritage punya banyak manfaat. Pertama, yakni mempromosikan tempat itu sendiri ke dunia internasional. Apalagi dengan mendatangkan musisi luar negeri, tentu banyak pihak yang otomatis tahu dengan keberadaan dan kemegahan tempat bersejarah di tanah air.

Seperti kawasan Candi Borobudur yang akan menjadi lokasi konser Mariah Carey. "Ini event internasional, jadi kami berharap dunia semakin tahu Candi Borobudur. Semoga makin banyak wisatawan tertarik ke sini," kata Edy Setijono, Direktur Utama PT TWC saat jumpa pers di kawasan Candi Borobudur, Jawa Tengah, baru-baru ini.

Hal senada juga disampaikan Anas Syahrul Alimi, CEO Rajawali Indonesia Communication selaku event consultant konser Mariah Carey di kawasan Candi Borobudur. Menurutnya acara musik di tempat bersejarah bisa membantu me-rebranding kawasan itu sendiri sampai luar negeri. 

"Bisa me-rebranding tempat heritage yang kita punya. Dunia luar pasti jadi tahu Indonesia punya tempat semegah ini, mahakarya, impact-nya mereka akan datang ke sini," jelasnya.

Meski punya dampak yang besar, menurut Anas, mengadakan konser di tempat bersejarah bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak untuk mempersiapkannya, terutama soal izin lokasi. Ditambah lagi biaya produksi yang tentunya akan naik dibanding mengadakan di gedung atau lapangan biasa.

"Harus disiasati dengan sebaik mungkin. Misal mengadakannya tidak di zona satu, tapi zona dua," ujar pria yang juga founder Prambanan Jazz.

Seperti diketahui, berbagai opsi tempat menggelar pertunjukan musik terus bermunculan beberapa tahun terakhir. Mulai dari hutan, lereng gunung, hingga tempat bersejarah sebagai warisan (budaya) masa lalu.

Dari lokasi bersejarah, bermacam tempat yang akhir-akhir ini kerap digunakan untuk konser musik di antaranya, Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

Kompleks yang luas membuat Candi Prambanan kerap digunakan menjadi salah satu tempat konser. Sejak beberapa tahun terakhir, berbagai acara hadir di candi yang terletak di Jogjakarta tersebut. Salah satu acara rutin yang digelar di sana yakni Prambanan Jazz.

Prambanan Jazz merupakan festival musik tahun yang diadakan oleh Rajawali Indonesia Communication. Tahun ini menjadi kali ke-4 acara tersebut digelar di kawasan Candi Prambanan yang akan dilaksanakan 17-19 Agustus mendatang.

Sama seperti Candi Prambanan, Candi Borobudur juga punya kawasan yang luas. Sehingga lokasi ini memungkinkan untuk menjadi tempat pertunjukan musik. Berbagai acara konser pun telah dilakukan di Candi Borobudur. Seperti konser peluncuran sebuah produk handphone, hingga rencananya diadakannya Borobudur Symphony pada November mendatang.

Sebagai informasi, Borobudur Symphony adalah sebuah pagelaran musik bertaraf internasional yang digelar untuk pertama kalinya di pelataran Candi Borobudur. Pagelaran musik ini merupakan sebuah  bentuk upaya sinergi jangka panjang BUMN dalam memperkenalkan dunia pariwisata Indonesia ke tingkat  internasional, khususnya destinasi pariwisata milik BUMN. Tujuannya yakni sebagai bentuk diplomasi budaya dalam kekuatan baru untuk memperkuat branding nasional.

Dalam penyelenggaraannya, Borobudur Symphony akan memadukan dua mahakarya. Yakni, Candi Borobudur yang merupakan warisan budaya anak bangsa yang telah diakui dunia internasional dengan mahakarya seni musik bertaraf internasional.

Untuk kesempatan pertama ini Borobudur Symphony bakal menampilkan Mariah Carey. Diva internasional yang pernah memenangkan 5 Grammy Awards itu akan beraksi di hadapan penonton dengan latar belakang keindahan Candi Borobudur yang merupakan puncak pencapaian keselarasan teknik arsitektur dan estetika seni anak bangsa.

Konser Mariah Carey dalam Borobudur Symphony akan diadakan pada 6 November 2018 mendatang di kawasan Candi Borobudur, Jawa Tengah.

 

 

Sumber : www.jawapos.com