Wah, Pemkot Semarang Bakal Kucurkan Rp 16 Miliar Untuk Kampung Pelangi

by Admin 374 views

Setelah mulai disulap menjadi kampung warna-warni pada April lalu, kini kampung di Kelurahan Randusari Kecamatan Semarang Selatan tersebut dikenal dengan sebutan Kampung Pelangi. Bukan hanya secara nasional, kampung ini bahkan menjadi pembicaraan internasional.

Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 16 miliar. Anggaran tersebut guna mempercantik kampung yang dulu dikenal dengan sebutan gunung brintik.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyebutkan, anggaran akan digunakan untuk melengkapi fasilitas bagi pengunjung agar kampung ini layak dikatakan sebagai destinasi wisata unggulan di Kota Semarang.

"Tahun ini, kami anggarkan Rp 16 miliar untuk menata drainase, sungai dibikin rapi, jalur pedestrian, foodcourt hingga lahan parkir," ungkap Hendi sapaan akrabnya, Jumat (19/5).

Rencananya, Kampung Pelangi ini nantinya akan menyatu dengan Pasar Bunga Kalisari yang berada tepat di depannya dengan sejumlah pembangunan fasilitas pendukung.

Menurutnya, Kampung Pelangi ini telah siap menjadi salah satu ikon pariwisata Kota Semarang ditandakan dengan perhatian sejumlah media luar negeri untuk meliput tempat ini.

"Setahu saya, ada dailymail.com, lonelyplanet.com, dan lainnya. Dari Jerman, Ruptly TV juga melakukan liputan langsung ke Kampung Pelangi," ungkapnya.

Ia sendiri semakin optimis. Setelah tahap pertama pengecatan, kata dia, akan dilanjutkan pengecatan tahap kedua, sebab saat ini baru sebagian rumah yang dicat dari total keseluruhan sebanyak 325 rumah di sana.

"Tentunya, kami berharap akan ada kegiatan untuk perbaikan perekonomian warga sekitar, seperti pembuatan suvenir, gantungan kunci, kaos, stiker, dan sebagainya. Ini bisa menumbuhkan perekonomian," harapnya. 

 

 

Sumber : www.merdeka.com