Ini Peserta Istimewa SBC Yang Memakai Kostum Seberat 5 Kg

by Admin 73 views

Merdeka.com, Jawa Tengah - Ratusan penampil berbusana karnaval memeriahkan perhelatan Grand Carnival Solo Batik Carnival (SBC) ke X, Sabtu (15/7) sore. Salah satunya yang menarik perhatian dalam karnaval bertajuk 'Astamurti Kawijayan' itu ialah Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Pria yang akrab disapa Rudy ini mengaku, mengenakan kostum karnaval bertema Jatayu. Kostum terinspirasi dari tokoh pewayangan itu merupakan rancangan dari salah seorang peserta SBC, yakni Eko Prasetyo.

"Bukan mau pamer. Awalnya ditantang panitia, berani enggak membawa beban kostum seberat 25 Kilogram. Ternyata setelah saya pakai cuma 5 Kilogram. Namun tujuan utamanya bukan itu, ini untuk kepentingan masyarakat. Karena orang Solo sepertinya haus akan hiburan maka kami berterimakasih atas orang-orang yang bekerja, menjadikan pagelaran ini menjadi nyata," ujar Rudy.

Menginjak usia ke 10 atau dasawarsa, Rudy berharap, perhelatan SBC bisa menggerakkan ekonomi kota Solo. Selain itu juga memberikan hiburan dan mendatangkan wisatawan dari luar kota Solo maupun mancanegara.

"SBC ini bisa lestari tidak hanya sekedar konsisten dalam pendanaan. Pasalnya sudah tidak pernah mendapatkan hibah dari Pemkot. Namun tetap eksis mengadakan workshop yang menghasilkan desainer-desainer kelas internasional. Sehingga mampu mendatangkan wisatawan dan menggerakkan perekonomian, minimal uang yang beredar cukup banyak," ucap Wali Kota Solo.

Rudy juga berharap, jika penyelenggaraan SBC digelar bulan Juli seperti hari ini, minimal pelaksanaan workshop tentang kostum karnaval sudah dijalankan sejak Januari. Sehingga bisa berjalan lebih matang.

"Saya minta dukungan dari Kementerian Pariwisata untuk menganggarkan (alokasi dana) SBC untuk tahun depan. Saya siap kalau disuruh mikul (membawa) kostum seberat 50 Kilogram. Siap saya lakoni. Ini demi eksistensi SBC tahun tahun selanjutnya," kelakar Rudy.

 

 

 

 

Sumber : www.jateng.merdeka.com