Wisata Hits Punthuk Sukmojoyo Hill Magelang

by Admin 1433 views

MAGELANG –  Punthuk Sukmojoyo berada di kawasan Giri Tengah, Borobudur, Kabupaten Magelang. merupakan salah satu wisata puncak perbukitan di sekitar lereng perbukitan Menoreh kabupaten Magelang lokasinya tidak jauh dari Punthuk Mongkrong. Daya tarik wisata yang ditawarkan dari tempat ini adalah pemandangan Candi Borobudur, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu dari atas bukit.

Di Punthuk Sukmojoyo kita akan disuguhi pemandangan alam bukit menoreh, kawasan Borobudur, Kota Magelang . Ketika siang hamparan warna hijau dan gumpalan awan menari-menari seperti kapas halus yang berbaris rapih. Tanjakan jalan menuju ke Punthuk Sukmojoyo dari Balai Desa Giritengah pada mulanya cukup landai dan tidak terlihat curam dijamin sahabat jelajah tidak akan menyesal, dan perjuangan sampai ke puncak akan terbayar dengan rasa syukur masih bisa menikmati indahnya ciptaan Tuhan.

Spot yang menjadi ciri khas di Punthuk Sukmojoyo ini adalah rumah pohonnya yang menjadi spot utama untuk ber-selfie. Ada juga beberapa gubuk yang terbuat dari bambu yang beratapkan jerami yang bisa digunakan untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan. Dan masih ada beberapa spot yang di buat warga sebagai pelengkap keindahan di punthuk ini yang dijadikan spot untuk berfoto.

Seperti yang kita ketahui, berburu sunrisemerupakan aktivitas yang menyenangkan dan selalu nagih untuk dinikmati keindahannya. Makanya banyak sekali spot-spot wisata yang menawarkan keindahan sunrise dengan keunikannya masing-masing juga terdapat beberapa karya masyarakat yang dapat digunakan sahabat untuk perfoto ria atau selvie.

Berupa papan di atas pohon atau gubug yang terbuat dari bambu yang beratapkan jerami. Di Sukmojoyo sahabat bisa menikmati matahari terbit ataupun tenggelam.

Pengelola wisata Punthuk Sukmojoyo menyediakan daya tarik tempat berfoto atau selfie untuk pengunjung. Ada beberapa pilihan tempat berfoto mulai dari gardu pohon, jembatan bambu, dinding berbentuk hati hingga bangunan berbentuk kapal. Diantara pilihan tempat berfoto, lokasi gardu pohon menjadi ikon atau daya tarik utama Punthuk Sukmojoyo karena paling pertama dibangun dan menjadi promosi utama obyek wisata tersebut.

Tempat ini dapat dijadikan lokasi alternatif menikmati pemandangan Candi Borobudur ketika matahari terbit dari atas bukit Ditempat ini Pangeran Diponegoro dan pasukannya mengintai pasukan Belanda yang berada di Pos Mati yang terletak dibawahnya. Dan jika pasukan Belanda berhasil naik ke bukit atau punthuk Sukmojoyo maka Pangeran Diponegoro akan naik ke Punthuk Mongkrong pangruating bumi yang berada lebih tinggi dari Sukmojoyo.

 

 

Sumber : www.kabarwisata.com