Eksotis, Pantai Pasir Putih Ini Dilindungi Hutan Cemara

by Admin 24 views

Merdeka.com, Jawa Tengah - Pesona wisata berbasis pantai mulai bermunculan, salah satu adalah Pantai Wates Kaliori Rembang. Pantai dengan pasir putih yang berlokasi di Desa Wates Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang mulai ramai di kunjungi wisatawan Lokal.

Pengunjung dengan mudah bisa menemukan lokasinya pantai ini dari jalan raya pantura dari arah Juwana menuju Rembang, masuk Desa Wates Kecamatan Kaliori Rembang. Jika dari Juwana di kiri jalan nanti akan kita temukan Gapura Desa Wates, masuk sekitar 1 Km para pengunjung bisa menikmati keindahan pasir putih wates.

Menurut Heri Prasetyo, Ketua Karang Taruna Pesisir Laskar Benowo Desa Wates pada 2016, potensi Pantai pasir putih Wates baru disadari dan digarap serius. Salah satu hal yang dilakukan adalah penanaman lima ribu pohon cemara yang diprakarsai oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Rembang yang bekerjasama dengan karang taruna.

“Hasilnya pada 2017, pantai pasir putih ini siap dinikmati pengunjung walau belum terlalu tinggi pohon cemaranya,” jelas Heri.

Heri juga menjelaskan dulu pernah di tanami pohon cemara sebanyak 4 kali tapi selalu mati karena tidak ada yang merawat. “Tapi sekarang ada karang taruna, yang secara sadar ingin membangun desanya,” tambanhya.

Pantai Wates Rembang
© 2017 jateng.merdeka.com/Imam Khanafi

Untuk mempercantik pantai wates kata Heri, banyak yang dilakukan mulai dari rumah pohon, dan gapura dan beberapa sport foto dengan swadaya anggota karang taruna. Kini spot yang dibangun makin banyak.

Selain pantai, yang paling banyak dilirik wisatawan adalah kawasan hutan cemara mini. Menurut Nabila, warga Rembang mengatakan uniknya hutan cemara adalah akan dijumpai banyak tulisan yang menggemaskan seperti pernah bahagia, konco dadi tresno, janjimu brejel Mas, dan jangan lupa move on.

“Spotnya sederhana tapi rasanya sulit dilewatkan begitu saja tanpa berfoto di dekatnya,” jelas Nabila.

Selain itu ketika hutan cemara berakhir, pengunjung akan langsung disambut hamparan pasir putih. “Tempat wisata yang satu ini cocok sebagai tempat wisata keluarga atau sekadar melepas lelah sebentar dengan teman atau pasangan. Selain mudah dijangkau, lokasinya juga cukup adem dengan angin semilir khas pantai,” kata Nabila.

 

 

 

 

Sumber : www.jateng.merdeka.com