Pesona Dieng Yang Tak Pernah Luntur

by Admin 102 views

Pecinta sunrise harus ke Puncak Sikunir di Dataran Tinggi Dieng. Pemandangan paginya sangat menawan!

Kalau kamu adalah sunrise person, Puncak Sikunir (2093 Mdpl) yang ada di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo Jawa Tengah (tepatnya di desa Sembungan, desa tertinggi di Pulau Jawa), wajib banget jadi salah satu list tempat yang harus kamu kunjungi. Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan golden sunrise ddan bisa melihat sikembar puncak Gunung Sumbing dan Sindoro dari sana.

Perjalanan saya dan bersama rekan-rekan ke Puncak Sikunir, sebenarnya bukanlah tujuan utama. Tujuan kami saat itu adalah ingin mendaki Gunung Slamet, Gunung dengan puncak tertinggi di Jawa Tengah. Perjalanan kami hanya bisa sampai pos 3, kami terpaksa turun karena cuaca yang tidak baik. Sehingga kami harus balik arah dan mencari alternatif lain untuk tempat yang akan dikunjungi. Dan pilihan waktu itu disepakati Kawasan Dieng. Meskipun tidak semua yang ikut, ada juga yang balik arah ke Jakarta dan ada juga yang ingin melanjutkan ke puncak Slamet. Wow nekad yaa.

Kesedihan karena kegagalan pendakian Gunung Slamet, terobati sedikit dengan perjalanan ke Puncak Sikunir. Meskipun hanya mendaki bukit, sensasi hiking-nya tetap terasa. Medan yang dilalui tidak terlalu sulit. Jadi, cocok sekali buat kamu yang tidak terlalu suka hiking tapi ingin melihat golden sunrise dari ketinggian, hehe.

Meskipun saat itu kami kurang beruntung tidak bisa menyaksikan golden sunrise karena kabut yang cukup tebal, tapi dibawa happy dan enjoy aja bersama teman-teman. Selain ke Puncak Sikunir ini, kami juga melipir ke Telaga warna, Kawah Sikidang (kawah belerang) dan Komplek Candi Arjuna. 

Saat di Telaga Warna, kami juga hiking sedikit supaya bisa melihat keindahan telaga Warna dari ketinggian. Selanjutnya ke Kawah Sikidang dan Candi Arjuna dengan happy. Nah, itulah pengalaman gagal ke Gunung Slamet tapi seru di Puncak Sikunir dan kawasan wisata Dieng. Adakah punya pengalaman gagal yang sama lalu melipir ke Dieng?

 

 

Sumber : www.detik.com