Lautan Enceng Gondok Di Dam Jetu Mendadak Jadi Objek Wisata Baru

by Admin 22 views

KARANGANYAR - Tanaman enceng gondok merupakan salah satu jenis gulma. Merugikan ekosistem air. Tapi di Karanganyar, lautan enceng gondok justru jadi objek wisata baru.

Nggak percaya? Coba traveler sambangi Dam Jetu di RT 2 RW 1, Jetu, Kelurahan Tegalgede, Kecamatan/Kabupaten Karanganyar. Mendadak ramai dikunjungi generasi milenial yang ingin berburu spot  berswafoto.

Lokasinya berada tepat di kampung Jetu yang tergolong masih berada di tengah Kota Karanganyar. Sebelumnya, tidak banyak yang tahu keberadaan dam tersebut hingga akhirnya jadi jujugan anak-anak muda.

Diana Hari Setyo Bekti, siswi SMK MAN Karanganyar contohnya. Datang bersama temannya untuk mencari spot foto yang Instagramable.

Awalnya tahu dari IG, terus penasaran pengin datang ke sini,” kata warga Jaten itu kepada Jawa Pos Radar Solo.

Bersama temannya, Aprilia Nurul, dia rela turun ke bibir sungai dam tersebut. Menuruni lereng sungai setinggi tiga meter supaya bisa mendapat angle foto bagus.

”Biasa kalau ada yang lagi hits, kita langsung cari tempatnya. Penasaran pengin tahu lokasinya,” imbuh Aprilia.

Hadi, 40, warga setempat mengaku Dam Jetu sedang nge-hits. Dia mengaku, dalam sehari ada puluhan pengunjung yang datang ke lokasi.

”Pas hari Minggu kemarin sampai antre, banyak yang datang. Ada yang dari Sukoharjo, ada yang dari Sragen. Saya juga heran dari mana mereka tahu infomasinya,” kata Hadi.

Dijelaskan, Dam Jetu mulai ditumbuhi encen gondok sejak sebulan lalu. Namun dam ini mulai dikunjungi banyak orang sejak enceng gondoknya berbunga.

”Ya kurang lebih dua mingguan ini,” terangnya.

Dam tersebut, lanjutnya, merupakan peninggalan masa penjajahan Belanda. Dam itu membendung anak Sungai Siwaluh yang membelah Kota Karanganyar.

 

Sumber : www.jawapos.com