7 Fakta Unik Dataran Tinggi Dieng

by Admin 29 views

Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dieng terdiri dari tumpang tindih gunung berapi dan kaldera besar, kubah lava, kerucut, dan banyak yang diisi oleh Danau kawah ledakan.

Dieng sering juga disebut dengan nama ‘Negeri atas awan.’ Nama ini lebih akrab bagi para traveler ketika menyebut kawasan kota Wonosobo tersebut.

Dieng adalah salah satu tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi. Meskipun kawasan wisata ini terdapat di dua kabupaten, yakni Wonosobo dan Banjarnegara, namun Wonosobo lebih terkenal sebagai pemiliknya.

Dataran tinggi Dieng memiliki keunikan tersendiri yang tak dapat ditemukan di daerah lain. Berikut 7 fakta menarik tentang pegunungan Dieng:

  1. Adannya anak anak berambut gimbel yang tumbuh secara alami. Prosesi pemotongan rambut berlangsung apabila seorang anak mengutarakan keinginannya.
  2. Terdapat Carica dan Purwaceng, jenis tumbuhan ini hanya tumbuh di kawasan Dataran Tinggi Dieng.

  3. Salju di bulan Juli. Salah satu yang menarik dari Dieng adanya bun upas atau salju yang turun di bulan Juli-Agustus. Pada bulan ini suhu udara Dieng tak kalah dingin dengan Eropa.

  4. Setiap rumah di Dataran Tinggi Dieng dipastikan memiliki tungku api tradisional.

  5. Dataran tinggi Dieng memiliki wisata 4 unsur, yakni wisata alam yang sangat lengkap seperti telaga, kawah, candi, pegunungan.

  6. Penduduk asli Dieng memiliki wajah agak kemerah merahan. Warga di sana jika berada ditempat panas, wajahnya akan semakin memerah.

  7. Hal unik lainnya adalah dari penggunaan bahasa penduduk Dieng. Mereka biasanya berkomunikasi dengan logat kengapak-ngapakan.

Itulah beberapa fakta unik yang dimiliki datarang tinggi Dieng yang sudah dikenal masyarakat luas. []

 

 

Sumber : www.inspiradata.com