Tahun Baru Di Solo Bebas Kembang Api Dan Petasan

by Admin 69 views

Solo, - Perayaan Tahun Baru 2019 di Koto Solo akan bebas dari petasan dan kembang api. Hal tersebut menyusul adanya Surat Edaran (SE) Wali Kota No. 334/3826 tentang pelaksanaan perayaan Tahun Baru 2019 yang meminta lurah dan camat untuk menghimbau warga agar tidak menyalakan petasan dan kembang api karena bisa membahayakan lingkungan.

“Petasan dan kembang api kita larang supaya tidak membahayakan, sebagai gantinya akan dimainkan gamelan seperti tahun lalu,” ujar Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Rabu (26/12).

Selain melarang petasan dan kembang api, Pemkot Solo akan menggelar car free night (CFN) di sepanjang Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Jenderal Sudirman yang akan dimulai pukul 21.00 WIB hingga pukul 01.00 dini hari.

Untuk diketahui, CFN digelar sebagai tempat untuk mewadahi warga Solo dan sekitarnya yang ingin menghabiskan malam pergantian tahun di pusat kota.

“Kita akan tempatkan lima panggung hiburan mulai dari Loji Gandrung, Sriwedari, Ngarsopuro, Gladak, dan Balai Kota Solo,” jelas Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Solo, Hasta Gunawan.

Kelima panggung yang disiapkan akan diisi oleh beberapa komunitas musik seperti karawitan dari lima kecamatan di Solo. Dan sebagai pertanda malam pergantian tahun, akan ditandai dengan pemukulan gong dan gendhing gamelan secara bersama.

 

Sumber : Gesuri.id