Wah, Ada Tempat Asyik Menikmati Sunset Di Klaten!

by Admin 312 views

KLATEN - Tempat pengelolaan akhir (TPA) sampah Desa Troketon, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten  menjadi magnet wisata baru. Setiap sore di TPA seluas 7, 2 hektare itu puluhan warga datang melihat matahari tenggelam (sunset).

"Saya membawa teman bule 17 orang ke sini, mereka betah nongkrong melihat sunset di telaga," kata Riza Nur Syarifudin, warga Desa Sobayan, Kecamatan Pedan, Minggu (11/3).

Telaga yang dimaksud adalah bekas galian lahan yang terdapat di sekitar instalasi pembakaran sampah domestik (IPSD). Telaga itu dulunya lahan warga yang dibeli Pemkabl. Saat musim hujan, bekas galian itu dipenuhi air hujan.

Dengan struktur tanah keras menyerupai cadas, bekas galian itu membentuk telaga dengan tebing unik di sekitarnya. Letaknya yang jauh dari permukiman penduduk membuat matahari terlihat penuh saat tenggelam di sore hari.

Pria yang akrab dipanggil Comoy itu mengatakan ketertarikannya dengan lokasi bekas galian itu bermula sebulan lalu. Karena berlokasi dekat dengan desanya, saat sore dia berjalan-jalan ke lokasi.

Di danau jadi-jadian itu, kata Comoy, sunset tidak kalah dengan di pantai. Bahkan terlihat alami sebab ada bentang sawah dan pohon mirip hutan. Airnya jernih dan segar saat dicoba untuk latihan dayung standing board.

Ia pun mengajak teman-teman bulenya dari berbagai negara ke lokasi dan merasa terkesan. Ke depan, ia berencana berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemkab Klaten untuk menjajaki pengembangan lokasi.

"Jika memungkinkan digarap jadi potensi wisata, kami siap membantu," ungkapnya.

Kabid Kebersihan dan Pertamanan Dinas PUPR Pemkab Klaten, Mudzakir mengatakan tidak masalah digunakan warga untuk wisata atau dayung. "Silahkan saya asal hati-hati. Lokasi belum akan digunakan," jelasnya.

Menurutnya, telaga itu merupakan lahan yang dibeli Pemkab tahun lalu. Sebelum dibeli Pemkab, lahan dikeruk untuk dijual tanahnya oleh warga.

 

 

Sumber : www.suaramerdeka.com