Semangat Wisata Kekinian, Masyarakat Brebes Dan Sekitarnya Dibikin Baper

by Admin 25 views

NUSANTARANEWS.CO – Semangat baru pariwisata masyarakat tampaknya memang tengah menjadi salah satu daya tarik hampir seluruh masyarakat di belahan dunia manapun. Tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial membawa pengaruh yang kuat sebagai media informasi dan promosi wisata yang baik. Perkembangan wisata lokal yang tengah gencar terjadi di seluruh kawasan di Indonesia juga termasuk dalam pengaruh besar adanya media sosial. Apalagi pengguna internet dan media sosial saat ini sudah tidak mengenal batas kota maupun desa sehingga penyebaran informasi semakin cepat dan dapat diakses siapa saja.

Salah satu destinasi wisata yang tengah ramai diperbincangan di sekitar Kabupaten Brebes, Jawa tengah  adalah  wisata Bukit Baper. Mendengar nama yang disematkan terhadap destinasi tersebut tentunya memberikan kesan kekinian yang tengah digandrungi masyarakat terutama kaula muda dan remaja.

Bukit Baper mulai dikenal masyarakat wilayah Brebes dan sekitarnya melalui banyaknya orang yang memposting lokasi tersebut di jejaring  media sosial dan internet. Berlokasi di Desa Batursari, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes yang merupakan salah satu desa yang berada di bawah  kaki Gunung Slamet. Oleh karena itu suasana di lokasi Bukit Baper sangat sejuk dan segar.

Wisata perbukitan yang dikenal dengan nama Baper ini sebenarnya merupakan singkatan dari Batursari Perkemahan (Baper) sesuai dengan tempat keberadaannya. Berada di ketinggian 1200 mdpl, lokasi wisata yang baru dikelola semenjak tahun 2016 lalu ini menyuguhkan panorama pandang yang sangat indah. Pemandangan  perbukitan pinus dan pedesaan sekitar perbukitan hingga Kota Tegal tampak sangat cantik dan memanjakan mata para pengunjung. Jika anda beruntung, anda akan dimanjakan dengan pemandangan perbukitan yang diselimuti dengan awan putih cantik yang tebal . Wah, lokasi yang sangat instagram-able yah.

Dengan adanya antusiasme masyarakat yang tinggi, saat ini fasilitas untuk pengunjungnya  pun sudah semakin lengkap seperti adanya fasilitas toilet dan area parkir. Untuk kebutuhan mengabadikan momen, bukit Baper juga memiliki gardu pandang dilengkapi dengan plang-plang bertuliskan unik dan tentunya kekinian.

Sisi Lain

Mekipun setiap pengunjung mengamini akan keindahan yang disuguhkan di wisata Bukit Baper, akan tetapi terdapat hal yang sangat disayangkan. Selain keindahan, jika disadari lokasi ini juga memperlihatkan pada pengunjung terhadap kondisi hutan yang kian tergerus oleh pemanfaatan untuk lahan pertanian dan pemukiman yang sangat mencolok.

Desa Batursari merupakan salah satu desa yang  terletak di kawasan perhutanan pinus di Kecamatan Sirampog Brebes. Akan tetapi dari gardu pandang Bukit Baper dapat dilihat rimbunnya pinus sudah terkikis dan digantikan dengan lahan pertanian dan permukiman penduduk.

Dengan semakin tereksposenya kawasan wisata tersebut diharapkan akan menjadi koreksi tersendiri bagi pemerintah setempat untuk dapat segera melakukan pembaharuan wilayah hutan dan juga menumbuhkan kesadaran pada masyarakat sekitar untuk menjaga hutan dan lingkungan tetap dalam kondisi asri. Bagi pengunjung lokasi wisata yang masih dalam tahap pengembangan ini, selalu perhatikan faktor-faktor keselamatan dan tetap menjaga kebersihan tentunya.

 

 

 

 

Sumber : www.nusantaranews.co