Intip Pesona Magelang Dari Puncak Gunung Andong, Indah Diselimuti Awan

by Admin 32 views

Selalu ada saja keindahan panorama alam Kabupaten Magelang yang dapat dieksplor wisatawan. Terutama untuk keindahan alam pegunungannya yang selalu diincar pendaki pemula hingga berpengalaman.

Salah satu gunung yang kerap menjadi incaran pendaki adalah Gunung Andong. Tidak kalah indah dengan gunung lainnya di Jawa, Gunung Andong memiliki pesona tersendiri di kalangan wisatawan.

Berada di ketinggian 1726 mdpl, Gunung Andong berada di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Andong dikelilingi gunung-gunung besar di sekelilingnya, di antaranya Gunung Merbabu, Merapi, Sumbing, Sindoro, Ungaran, dan Telomoyo.

Ketika berada di ketinggian Gunung Andong, momen paling menakjubkan adalah traveler dapat melihat keseluruhan Kota Magelang yang menawan. Terselimuti hamparan awan putih, bahkan Anda dapat menikmati langit biru yang indah.

"Yang pernah mendaki ke Gn. Andong mungkin beranggapan gunung tersebut lebih tepat disebut bukit karena ketinggiannya hanya 1726 mdpl namun pemandangan yang disajikan tidak kalah dengan gunung-gunung tinggi di Jawa lainnya. Terletak di Kec. Ngablak Kab. Magelang Jawa Tengah. Gunung Andong adalah gunung yang dikelilingi gunung-gunung besar di sekelilingnya, di antaranya Gunung Merbabu, Merapi, Sumbing, Sindoro, Ungaran, dan Telomoyo. Ketika menuju puncak dari kejauhan kita akan melihat adanya Bangunan beratap warna merah. Saya mengira bangunan itu semacam shelter ternyata itu adalah makam, sempat terpikir ingin mendirikan tenda disitu. Mm.. Gunung Andong dikenal keramat dan kental dengan nuansa sakral bagi warga sekitar. Keberadaan makam di atas puncaknya juga menandakan bahwa Gunung Andong bukanlah gunung atau bukit biasa yang tanpa cerita. Makam tersebut adalah makam dari Kyai Abdul Faqih atau yang dikenal dengan Ki Joko Pekik, seorang tokoh penyebar agama bagi warga setempat yang sangat dihormati. Dan sampai saat ini masih diadakan ritual Perti Dusun rutin sebagai budaya setempat untuk ucapan syukur kepada Sang Pencipta,"tulis Instagram @Indonesiantekker, Rabu (10/10/2018).

Jika tertarik mendaki, Anda dapat memulai pendakian melalui Basecamp Gunung Andong yang ada di Dusun Sawit, Desa Girirejo. Jika membawa kendaraan, Anda dapat menitipkannya di area sekitar. Rute tempuh atau trek ke Gunung Andong bisa dibilang cukup bersahabat dan jalurnya pun terbilang jelas, sebab banyak petunjuk yang membantu pendaki mencapai puncak.

Selama pendakian, Anda akan banyak menemukan jalan setapak, tanah liat, rerumputan hingga bebatuan. Momen ketika mendaki Gunung Andong bisa menjadi pengalaman menarik sebab, selama pendakian Anda akan disajikan dengan pemandangan indah.

Selama pendakian, Anda akan disajikan pemandangan area ladang sayur, pohon-pohon bambu dan hutan pinus yang bisa dijadikan tempat istirahat. Jangan lewatkan pula berburu sunrise di puncaknya.

 

Editor : Tuty Ocktaviany

Sumber : www.inews.id