6 EVENT WAJIB DATANG KE JAWA TENGAH TAHUN 2020

Kementrian Pariwisata (Kemenpar) meluncurkan National calendar of event (CoE) pariwisata Indonesia tahun 2020. Peluncuran 100 National Calender of Event 2020 digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jakarta, Selasa (15/10). National CoE 2020 tersebut terbagi atas 2 kategori, yaitu TOP 10 dan TOP 100, sehingga total ada 110 event nasional yang siap digelar tahun depan. Dari 110 event tersebut, 6 event Jawa Tengah termasuk di dalamnya.

Berikut adalah 6 event yang wajib Anda datangi saat berkunjung ke Jawa Tengah tahun 2020 mendatang :

1. BOROBUDUR MARATHON (Kabupaten Magelang / 15 November 2020)

Borobudur Marathon adalah ajang lomba lari tingkat internasional yang menggabungkan unsur wisata olahraga, budaya, dan alam sekaligus. M​​engambil start di Taman Lumbini, Kompleks Candi Borobudur, keunikan dari Borobudur Marathon dibandingkan dengan ajang lari lainnya adalah rute yang mengelilingi desa-desa yang asri dan berhawa sejuk di sekitar Borobudur. Panorama hijau persawahan dan udara segar pedesaan sepanjang rute akan menyejukkan mata selama Anda berlari. Ayo berwisata sekaligus berolah raga! Jangan lupa follow http://instagram.com/borobudur.marathon

2. DIENG CULTURE FESTIVAL (Dieng / 31 Juli - 2 Agustus 2020)

Dieng Culture Festival (DCF) adalah event budaya tahunan yang diinisiasi oleh komunitas masyarakat sadar wisata Dieng Pandawa Desa Wisata Dieng kulon. Event ini mengangkat daya tarik budaya yang unik yaitu pencukuran anak berambut gimbal. DCF juga dimeriahkan dengan beragam acara, seperti Jazz Atas Awan yang menampilkan musisi atau artis nasional, pertunjukan seni budaya, bazaar, camping ground, menerbangkan lampion, dan lain-lain. Tiap tahun, event ini mampu menyedot ratusan ribu wisatawan untuk datang ke Dieng yang juga dikenal memiliki hawa yang dingin. Silakan follow http://instagram.com/festivaldieng untuk informasi selengkapnya.

3. SOLO INTERNATIONAL PERFORMING ARTS (Kota Surakarta / 10-12 September 2020)

Solo International Performing Arts (SIPA) adalah pergelaran maha karya seni pertunjukan yang diselenggarakan di kawasan Benteng Vastenburg. Sejak 2009, SIPA selalu melibatkan seniman lintas benua, Asia, Australia, Eropa, Afrika dan Amerika. Pertunjukannya pun selalu kolosal dengan memanfaatkan panggung outdoor yang spektakuler berlatar Benteng Vastenburg yang kuno dan gagah. SIPA juga menyajikan Bazaar Kuliner, Kerajinan, Merchandise dan SIPA Mart. Follow http://instagram.com/sipafestival untuk info lengkap.

4. FESTIVAL CHENG HO (Kota Semarang / 19-20 Agustus 2020)

Bagi Sobat Wisata yang suka wisata ke Semarang, silakan datang pada bulan Agustus untuk menyaksikan Festival Cheng Ho. Festival Cheng Ho merupakan perayaan tahunan masyarakat Tionghoa Kota Semarang untuk memperingati kedatangan Sam Poo Tay Djien (Laksamana Zheng He) ratusan tahun silam. Peringatan ini berupa arak-arakan patung dewa dengan berjalan kaki dari Klenteng Tay Kak Sie menuju Klenteng Agung Sam Poo Kong, Festival Laksamana Cheng Ho ini dimeriahkan pula dengan panggung kesenian yang ciamik yang menampilkan perpaduan seni budaya Tionghoa dan Jawa.

5. FESTIVAL PAYUNG INDONESIA ( Candi Prambanan, Kabupaten Klaten / 4-6 September 2020)

Festival Payung Indonesia adalah festival rakyat yang berlangsung sejak tahun 2014. Festival ini berusaha menggali kearifan lokal (local wisdom) dengan seni masa kini, sehingga melibatkan partisipasi masyarakat, seperti komunitas kreatif, pelestari seni tradisi, seniman kontemporer, fotografer, desainer dan lain-lain dari dalam dan luar negeri. Festival Payung Indonesia menampilkan pameran lukissi payung, rajut payung kreatif, fashion, wastra nusantara, karnaval payung, serta pentas tari dan musik. Festival Payung Indonesia pun telah adalah sister-festival Borsang Umbrella Festival di Chiangmai, Thailand.

6. FESTIVAL KOTA LAMA SEMARANG (Kota Semarang / 16-26 September 2020)

Festival Kota Lama terselenggara sejak tahun 2012 dengan tujuan mengangkat dan melestarikan Kota Lama Semarang sebagai kawasan cagar budaya. Festival Kota Lama mengusung Kuno-Kini-Nanti setiap tahunnya dengan menghadirkan berbagai kegiatan bertajuk seni budaya dan proses akulturasi yang terjadi di Semarang secara meriah dan bermakna. Dapatkan info selengkapnya di http://instagram.com/festivalkotalama

 

Yuk, catat waktu dan lokasinya. Ingat wisata Jawa Tengah, ingat 6 event Jawa Tengah.