4 Hal Menarik Yang Bisa Ditemui Di Desa Wisata Sambongrejo Blora

Sebanyak 5 Desa Wisata di Jawa Tengah menjadi 75 Desa Terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023. Salah satunya ialah Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora. Desa ini dapat dijangkau dengan kendaraan bermotor dengan waktu tempuh sekitar 45 menit perjalanan dari Alun-alun Blora. Apa saja hal menarik dari Deswita Sambongrejo?

 

Kearifan Lokal Sedulur Sikep Samin

Dikutip dari heloindonesia.com, Deswita Sambongrejo dikenal akan kearifan lokal sedulur sikep Samin. Pengunjung bisa belajar banyak tentang pitutur atau nasihat bijak dari sesepuh Sedulur Sikep yaitu Mbah Pramugi Prawiro Widjojo. Sambil lesehan menikmati kudapan tradisional khas desa seperti gethuk, ketela rebus, kacang rebus, wisatawan bisa menyimak cerita sejarah ajaran hidup serta tradisi Sedulur Sikep dari Mbah Pramugi di Pendopo Agung Kampung Samin.

 

Kesenian Tradisional

Sebelum menginjakkan kaki di Kampung Samin, pengunjung diajari memakai iket samin atau ikat kepala (udeng) dan disambut dengan atraksi kesenian tradisional, seperti drumblek dan Klothek Lesung yaitu musik dari alat penumbuk padi.

 

Paket Wisata yang Menarik

Desa Wisata Sambongrejo digagas oleh digagas Pokdarwis Sido Rukun. Sejak diluncurkan 31 Oktober 2021 lalu, Desa Wisata Sambongrejo terus berkembang. Wisatawan selain menikmati sensasi alam pedesaan. Paket yang ditawarkan cukup menarik, seperti edukasi pembuatan tempe khas dengan bungkus daun jati, serta kelas keterampilan membatik.

 

Makanan dan Minuman Khas

Pengunjung dapat menikmati minuman khas Wedang Cangkruk sebagai welcome drink. Minuman tradisional merupakan olahan dari jahe, sereh, secang yang menciptakan efek warna alami. Selain itu ada Krowotan, istilah untuk camilan selamat datang yang berupa aneka penganan tradisional seperti kacang rebus, tape, lemper, nagasari dll. Wisatawan juga bisa membeli oleh-oleh seperti peyek kacang, rengginang atau krecek, dan madu mongso ketan.

Tunggu apa lagi? Untuk informasi dan reservasi langsung follow Instagram @desa_wisata_sambongrejo. (Admin)

 

Bagikan