Curug Bengkawah : Air Terjun Kembar Nan Cantik Di Pemalang

Meski terletak di jalur pantai utara Jawa, Kabupaten Pemalang bagian selatan juga turut menyuguhkan wisata alam bernuansa pegunungan. Salah satunya ialah Curug Bengkawah. Air terjun kembar dengan ketinggian sekitar 20 meter ini terletak di Jl. Sikasur - Simpur, Karangmulyo, Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang.

Akses menuju lokasi cukup baik. Dari alun-alun Pemalang, perjalanan memakan waktu 45 menit hingga 1 jam. Memasuki kawasan wisata, jalan cor besi sudah tersedia hingga menuju tempat parkir sepeda motor. Untuk ke Curug, pengunjung  membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit saja. Panorama sepanjang jalur masuk curug pun patut untuk diabadikan. Mulai dari pematang sawah, jernihnya air sungai dan jika beruntung bisa secara langsung melihat kecantikan Gunung Slamet. Meski akses ke curug menurun, pengelola juga sudah menyediakan akses tangga sehingga pengunjung lebih aman dan nyaman.

Saat musim panas, debit air di Curug ini pun berkurang dari debit air normal biasanya. Meski begitu hal tersebut tak mengurangi kecantikan Curug kembar ini. Selain itu air yang berada di aliran Sungai Kluweh ini juga cukup jernih. Bahkan banyak masyarakat atau pengunjung yang gemar ciblon. Tak cuma untuk berenang, banyak masyarakat yang juga memancing ikan di sini. Ada beberapa spesies ikan yang bisa ditemukan di sini, salah satunya ikan tambra. Meski begitu ada beberapa larangan yang harus dipatuhi di sini. Seperti dilarang berburu dan dilarang menangkap ikan dengan jala.

Indahnya Curug Bengkawah rasanya sepadan dengan harga tiket masuk yang terjangkau. Pemandangan di sekitar curug yang dipenuhi dengan pepohonan menjadikan suasana curug yang adem dan segar. Apalagi di sini juga banyak dijajakan aneka kudapan. Mulai dari aneka minuman, lotis, rujak, mie instan ataupun mendoan. Cocok untuk agenda tamasya bagi keluarga.

Kebersihan di sekitar curug ini pun patut diacungi jempol. Pasalnya kondisi air yang bersih semakin jernih lantaran tak tercemar sampah. Pengunjung pun diharap bisa tetap menjaga kebersihan dengan membuang sampah di tempat sampah. Kebersihan ini pun turut menjadikan Curug Bengkawah sebagai surga ciblon bagi pengunjung.

Selain ciblon, pihak pengelola pun juga menyediakan paket rafting. Satu pake rafting dibanderol seharga Rp250 Ribu per orang. Dengan harga ini pengunjung juga bisa menikmati fasilitas berkemah, makan dan minum serta hiburan. Pengelola juga menyediakan paket dengan fasilitas rafting saja tanpa berkemah.

Jadi jika melintasi Kecamatan Belik Pemalang, jangan lewatkan berkunjung Curug Bengkawah. Jangan lupa beli produk umkm dan icip-icip pula nanas madu khas Belik ya. (Wiwin/ Kontributor)