Curug Indrokilo, Permata Tersembunyi Di Ungaran Barat

Desa Wisata Lerep tak hanya memiliki pesona budaya dan kearifan lokal di dalamnya, namun masih menyimpan permata tersembunyi di wisata alamnya yaitu Curug Indrokilo. Mungkin bagi sebagian orang yang tinggal di Semarang dan sekitarnya masih asing mendengar tempat wisata tersebut.

Salah satu alasannya karena curug ini baru diurus dan dikelola dengan baik beberapa tahun lalu. Walau sebenarnya curug ini sudah lama sekali ditemukan oleh warga sekitar. Pengelolaan dilakukan dengan membuat jalur trek yang lebih aman dan nyaman untuk dilalui pengunjung.

Ditambah lagi dengan penambahan fasilitas seperti toilet, warung, dan area parkir oleh masyarakat setempat agar lebih menarik pengunjung yang datang.

Lokasi air terjun ini berada lebih tinggi dari Desa Wisata Lerep yang mengharuskan pengunjung untuk menggunakan kendaraan pribadi yang benar-benar fit. Sesampainya di area parkiran, terhampar pemandangan luas yang hijau dan berbukit. Bahkan bila benar-benar beruntung, pemandangan luas tersebut akan tertutup oleh awan sehingga serasa ada di atas awan.

Untuk sampai di Curug Indrokilo, pengunjung bisa mengarahkan kendaraannya menuju Desa Wisata Kandri. Selanjutnya akan ada papan yang mengarah ke Curug Indrokilo dan hanya perlu mengikutinya saja. Apabila tidak ingin repot bertanya-tanya bisa langsung menggunakan aplikasi Google Maps.

Setelah memarkirkan kendaraan, pengunjung harus melewati beberapa rumah warga dan jalan setapak yang sudah dicor untuk sampai di loket masuknya. Hanya perlu membayar seikhlasnya saja untuk mendukung pengembangan dan perawatan tempat wisatanya. 

Dari loket masih harus melanjutkan perjalanan dengan medan menurun dan bertangga selama 15 menit. Kicau burung, hembusan angin dan hawa dingin akan menemani selama perjalanan.

Tak hanya dari sisi pemandangan saja yang menarik bagi pengunjung. Kadang jika berpapasan dengan masyarakat setempat yang sedang mengolah kebun, mereka tak segan untuk menawarkan buah-buahan untuk diambil secara gratis.

Berbeda dengan curug lainnya yang ada di Kabupaten Ungaran, Curug Indrokilo memiliki debit air yang kecil. Namun jangan salah, pemandangan menakjubkan hanya bisa dilihat sesampainya di air terjunnya. Cahaya matahari yang menembus sela-sela pepohonan, lingkungan sekitar yang masih rimbun dan suara gemericik air yang sangat menenangkan menjadi kelebihannya.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, mereka yang membasuh wajah dan tangannya akan tampak lebih muda. Selain itu ada juga yang mengatakan bahwa jodoh akan mudah didapatkan setelah berkunjung dari sana.

Saat akhir pekan, banyak pengunjung yang didominasi oleh anak muda datang ke Curug Indrokilo. Terlepas dari mitos dan kepercayaan di sana, tentu tak ada ruginya datang berkunjung saat liburan tiba.

Jangan lupa untuk membeli makanan dan oleh-oleh yang disediakan masyarakat setempatnya untuk mendukung perekonomian mereka. Waktu terbaik berkunjung ke Curug Indrokilo adalah musim panas untuk menghindari jalanan yang licin dan becek selama perjalanan. (Nico)