Desa Pekunden Raih Juara 1 Dalam Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022

Desa Wisata Kreatif Pekunden di Kabupaten Banyumas menjadi Juara 1 dalam ajang Gelar Desa Wisata Jawa Tengah tahun 2022. Malam penganugerahan berlangsung pada Sabtu (26/11) bertempat di Gerbang Gajah Desa Kembanglimus, Kabupaten Magelang. 

Posisi juara 2 ialah Desa Wisata Muncar (Kab. Semarang) dan juara 3 ialah Desa Wisata Sambongrejo (Kab. Blora). Sementara itu untuk juara harapan 1,2, dan 3 secara berurutan diraih oleh Desa Wisata Sidowarno (Kab. Klaten), Desa Wisata Dawuhan (Kab. Banjarnegara) dan Desa Wisata Somongari (Kab. Purworejo).

Adapun juara untuk kategori Paket Wisata diberikan kepada Desa Wisata Kandri (Kota Semarang), kategori Seni Budaya kepada Desa Wisata Giyanti (Kab. Wonosobo), kategori Sapta Pesona dan CHSE kepada Desa Wisata Conto (Kab. Wonogiri), dan kategori Homestay dan Toilet Bersih kepada Desa Wisata Karangrejo (Kab. Magelang).

Desa Wisata Kreatif Pekunden yang diresmikan pada akhir Desember 2021 lalu ini memiliki banyak potensi wisata yang menarik. Dikutip dari Instagram @deswita_pekunden, Desa ini memiliki Kampung Nopia Mino untuk menyaksikan langsung proses pembuatan oleh-oleh khas Banyumasan tersebut yang masih dilakukan secara tradisional dengan tungku yang terbuat dari tanah liat. 

Selain itu, lokasi Desa Pekunden yang tidak jauh dari kawasan Kota Lama Banyumas akan membawa wisatawan nostalgia ke masa lampau dengan bangunan-bangunan kuno bernilai sejarah.

Desa Wisata Kreatif Pekunden juga menawarkan beragam wisata edukasi, seperti melihat proses pembuatan Gamelan di Oemah Gamelan, budidaya dan petik buah naga, proses pembuatan batik tulis, dan lainnya. (Admin)