Jadwal Lakon Wayang Orang Sriwedari Juli 2024, Tampilkan Kisah Sejarah Yang Siap Ditonton

Kota Surakarta memiliki salah satu pesona yang kaya akan budaya dan sejarah, yakni pertunjukan Wayang Orang Sriwedari. Pertunjukan Wayang Orang Sriwedari tidak hanya menjadi hiburan yang memukau, tetapi pertunjukan ini merupakan cerminan dari kebudayaan masyarakat Jawa yang masih dipertahankan di tengah kemajuan teknologi saat ini. Dikutip dari laman resmi Pemkot Surakarta dijelaskan bahwa Wayang Orang Sriwedari dibentuk pada 10 Juli 1910.

Pertunjukan Wayang Orang Sriwedari berawal dari keinginan Raja Kasunanan Surakarta yang bernama Paku Buwono X untuk menghadirkan hiburan bagi rakyatnya. Sriwedari sendiri adalah sebuah taman hiburan yang dibangun oleh Paku Buwono X. Taman Sriwedari ini menjadi pusat kegiatan seni dan budaya di Surakarta, salah satunya ialah Wayang Orang Sriwedari. Pertunjukan Wayang Orang Sriwedari mulai mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah, sehingga pertunjukan ini rutin dilaksanakan di Taman tersebut.

Wayang Orang Sriwedari dikenal karena kemegahan kostum, tarian, dan musik yang menyertainya. Setiap pertunjukan Wayang Orang Sriwedari biasanya mengangkat cerita dari epos Ramayana dan Mahabharata yang mengandung nilai-nilai moral dan filosofi kehidupan. Kostum yang dikenakan oleh para pemain dibuat dengan sangat detail dan indah, sehingga mencerminkan kehalusan seni dan kerajinan tangan Jawa.

Wayang Orang Sriwedari dipentaskan setiap hari Senin s.d Sabtu pukul 19.30 WIB di Gedung Wayang Orang Sriwedari, tepatnya di Jl. Kebangkitan Nasional No. 15 Surakarta. Pengunjung yang ingin menonton pertunjukan Wayang Orang Sriwedari dapat membayar tiket Rp 20.000 (wisatawan Nusantara) dan Rp 50.000 (wisatawan mancanegara). Tiket dapat dibeli secara langsung di loket yang dibuka pada pukul 18.30 WIB. Pertunjukan tersebut menampilkan cerita yang berbeda setiap harinya.

Adapun jadwal lakon pada bulan Juli 2024 adalah sebagai berikut :

1    Juli : Kresna Gagah

2    Juli : Putra Dwarawati

3    Juli : Senopati Pinilih

4    Juli : Wisanggeni Kembar

5    Juli : Prabu Tejanata

6    Juli : Srikandhi Larasati Kembar

 

8    Juli : Udawa Sayembara

9    Juli : Gathutkaca Tandhing

10  Juli : Pergiwa Ngengleng

11  Juli : Pedhut Madukara

12  Juli : Sena Bumbu

13  Juli : Jaka Gleyong

 

15  Juli : Peksi Wiratma

16  Juli : Babad Alas Mamenang

17  Juli : Anggada Balik

18  Juli : Sang Indrajida

19  Juli : Wirakerti

20  Juli : Petruk Dadi Ratu

 

22  Juli : Bambang Manonbawa

23  Juli : Darma Suci

24  Juli : Putra Pringgondani

25  Juli : Tambak Undur

26  Juli : Udawa Waris

27  Juli : Punakawan Labuh (HUT WOS 114 Tahun)

 

29  Juli : Libur

30  Juli : Bhisma Gugur

31  Juli : Pramushinta

Ayo ajak keluarga, saudara, teman, dan orang yang Anda sayangi untuk menyaksikan pertunjukan Wayang Orang Sriwedari! Info lebih lanjut dapat mengunjungi akun Instagram Wayang Orang Sriwedari, ya! (Anggita Defia Nazarena)

Bagikan