Mengunjungi Roemah Martha Tilaar Di Gombong Kebumen

Mungkin belum banyak banyak yang tahu, di Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, terdapat tempat bersejarah yang sarat dengan ilmu pengetahuan. Roemah Martha Tilaar, sebuah rumah bergaya arsitektur neoklasik Eropa yang kini telah direstorasi menjadi bangunan baru. Roemah Martha Tilaar sudah bisa dikunjungi oleh wisatawan sejak 2014 lalu. 

Cukup mudah untuk menemukan Roemah Martha Tilaar yang berada di Jalan Sempor Lama nomor 28, Gombong. Lokasinya tak jauh dari Pasar Wonokriyo dan Stasiun Gombong. Hanya butuh waktu sekira 10 menit menggunakan sepeda motor.

Mendengar  nama di belakangnya, awam pasti akan langsung menyambungkan rumah tersebut dengan sosok pengusaha kosmetik ternama asal Tanah Air, yaitu Martha Tilaar. Ya, tidak salah. Sebab rumah tersebut merupakan rumah keluarga Liem Siaw Lam yang tak lain adalah kakek dari Martha Tilaar.

Roemah Martha Tilaar Gombong diperkirakan berdiri sejak tahun 1920-an. Di sanalah, Martha Tilaar pernah tinggal hingga umur 10 tahun. Rumah tersebut juga menjadi saksi bagaimana semangat kewirausahaan dan kreativitas Martha Tilaar tumbuh serta berkembang.

Dulunya, bagian depan rumah Liem Siaw Lam adalah kandang sapi. Kemudian di bagian belakang adalah tempat produksi susu. Namun kini, wisatawan akan menjumpai penampakan yang berbeda berupa pelataran nan luas dan bisa menjadi tempat nongkrong pada malam hari. Di Roemah Martha Tilaar, wisatawan akan melihat bangunan dengan keramik bermotif, kaca patri (motif), serta perabotan rumah tangga zaman dahulu. Hal ini sangat jelas terlihat saat mulai melangkahkan kaki di rumah tersebut.

Di bagian depan, wisatawan disuguhkan dengan tiga pintu masuk yang berkonsep klasik dan simetris, serta keramik bermotif. Tak lupa adanya ornamen lampu gantung jadul yang memikat mata. Begitu masuk, wisatawan akan melihat ruang tamu yang sangat nyaman dan sangat rapi. Ada pula koleksi barang-barang tempo dulu. Misalnya kursi tamu, meja, lemari, dan lainnya. Wisatawan juga akan menemukan empat kamar utama di rumah induk serta ruang kerja.

Bagi wisatawan yang menyukai barang dan settingan vintage, kedua hal ini sangat mudah dijumpai di Roemah Marta Tilaar. Suasana di setiap ruangan dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Display setiap perabotan di dalam Roemah Martha Tilaar juga tertata rapi. Mulai dari halaman depan hingga ke belakang bagian bangunan. Sejumlah pernak-pernik pernak-pernik kecil, alat musik gramophone, tempat tidur, hingga lemari rias dapat ditemukan di dalam kamar tidur Roemah Martha Tilaar. Wisatawan pun dapat mengetahui silsilah keluarga Martha Tilaar karena di seluruh bangunan, ditempel banyak foto keluarga.

Dari sekian banyak peninggalan di Roemah Martha Tilaar, ada satu yang menarik perhatian. Yaitu kloset tempo dulu yang terbuat dari kayu. Terdapat pula botol berisi air di sisi sebelah kanan kloset yang dipakai untuk membilas.

Setelah melewati kamar tidur dan ruang kerja, wisatawan akan terhubung dengan pintu keluar menuju halaman belakang. Namun sebelum itu, ada display ruang makan atau tempat berkumpul untuk seluruh anggota keluarga. Selain bangunan utama yang terdiri dari beberapa kamar tidur dan ruang kerja, terdapat juga bangunan serba guna. Biasanya ruangan ini dipakai untuk ruang pamer atau workshop saat Roemah Martha Tilaar menggelar acara.

Jadi Wahana Pendidikan dan Hiburan 

Roemah Martha Tilaar juga berfungsi sebagai wahana pendidikan dan hiburan. Roemah Martha Tilaar juga ramah untuk anak-anak karena banyak hal yang bisa dipelajari di sana. Oleh karena itu, Roemah Martha Tilaar menyediakan paket sebagai sarana belajar untuk anak-anak. Anak-anak akan mendapatkan ilmu yang tidak didapatkan di sekolah, mengembangkan kemandirian, serta meningkatkan kerjasama antar teman.

Roemah Martha Tilaar menyebutnya sebagai program Serambi Belajar. Waktu penyelenggaraan disesuaikan dengan pihak yang berminat mengikuti program ini. Ada sejumlah program di dalam satu tema untuk setiap pertemuan. Di antaranya menyikapi sampah, konservasi alam, kewirausahaan, sejarah Gombong, dan mengenal tanaman obat keluarga. Biayanya sangat terjangkau. Roemah Marta Tilaar juga menawarkan tempat dengan suasana asri yang bisa dimanfaatkan untuk meeting, arisan, pesta ulang tahun, atau acara reunian.

Setelah bernostalgia di Roemah Martha Tilaar, wisawatan bisa menikmati suasana malam di coffee shop yang berada di sisi kanan bangunan utama. Ya, Roemah Martha Tilaar bisa digunakan untuk sesi foto atau sekadar berkumpul untuk makan siang atau malam. 

Roemah Martha Tilaar buka setiap Selasa-Minggu mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.   (Kontributor)