Menikmati Kuliner Unik Soto Gudangan Ungaran

Kuliner soto dan gudangan adalah kuliner yang mudah ditemukan khususnya di Jawa Tengah. Soto yang dikenal sebagai makanan berkuah dan gudangan dengan aneka sayur yang ada di dalamnya. Masyarakat luas mengenal kedua menu ini sebagai menu makanan yang berbeda. Namun bagaimana rasanya jika kedua menu ini digabungkan? Jika penasaran mampir ke salah satu warung yang berada di Ungaran.

Warung ini bernama Warung Makan Soto Gudangan “Sogud” Bu Kusnin. Warung yang terkenal karena menyajikan sebuah menu makanan yang unik dan tidak terbayangkan sebelumnya. Rasanya pun dijamin nikmat dan akan membuat siapapun yang mencicipinya menjadi ketagihan.

Kuah berwarna kuning yang berasal dari soto dengan daging sapi yang segar tercampur bersama urap gudangan. Tentu akan menghasilkan sebuah citarasa yang gurih dan khas. Apalagi disajikan dalam keadaan masih hangat, menjadikan “sogud” semakin nikmat saat melewati tenggorokan.

Soto ini juga sering disebut sebagai soto sayuran karena memiliki berbagai macam sayuran yang dijadikan sebagai topping. Topping ini antara lain toge, daun bawang, daun kenikir, kacang panjang, sayuran bayam, dan permukaan atasnya ditaburi dengan bawang goreng. Membayangkannya saja sudah sangat terasa nikmat, ya?

Selain menggunakan berbagai macam sayuran, soto gudangan ini juga menggunakan daging sapi dan koyor sebagai pelengkapnya. Daging sapinya pun tidak alot alias lembut dan terasa empuk saat digigit. Begitu pula dengan koyornya yang tidak mengecewakan karena terasa sangat kenyal dan mudah untuk ditelan.

Agar tambah puas, pengunjung juga bisa menambah menu gorengan seperti tempe mendoan atau kerupuk sebagai lauk tambahan. Lauk tambahan ini tentu menjadi teman santap sogud yang akan membuat rasanya bertambah semakin nikmat. Tak hanya dijadikan sebagai lauk tambahan, gorengan dan kerupuk ini juga bisa anda nikmati untuk rutinitas ngemil saat makan besar.

Untuk harga, sepiring soto gudangan dijual dengan harga 13 ribu rupiah sedangkan untuk gorengan harganya 1 ribu rupiah. Selain itu, di warung ini juga tersedia berbagai macam minuman yang bisa dipesan untuk teman makan seperti es jeruk, es kopi, es teh manis, dan masih banyak minuman sachet lainnya dengan harga variatif antara 2 ribu rupiah sampai 4 ribu rupiah.

Untuk informasi tambahan, pengunjung bisa memesan makanan secara terpisah misalnya soto sapi atau gudangan saja. Selain itu beberapa menu makanan lain yang bisa dipesan seperti ramesan, mangut, dan aneka sayur oseng. Warung soto gudangan Bu Kusnin ini buka setiap hari kecuali Minggu dari jam 7 pagi sampai jam 2 siang.

Menu makanan yang unik dengan rasa yang nagih serta harga yang sangat ramah di kantong alias murah meriah. Soto gudangan menjadi warung makan rekomendasi saat berada di wilayah Ungaran. Jika penasaran, langsung datang saja ke Jalan MT Haryono atau langsung menggunakan aplikasi Google Maps. (Nico)

Bagikan