Pesona Desa Wisata Gumelem Banjarnegara

Desa Wisata Gumelem terdiri dari dua desa yaitu Desa Gumelem Wetan dan DGumelem Kulon berada. Secara administrative, kedua des aini terletak di Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Desa Wisata Gumelem memiliki berbagai keunikan karena desa ini merupakan tanah perdikan yang dipimpin oleh seorang Demang pada jaman Kerajaan Mataram dan terwariskan secara turun temurun serta terpelihara dengan baik.

 

Atraksi wisata yang dimiliki Desa Wisata Gumelem  antara lain Pemandian Dapit (Daya Pikat Pingit) dengan sumber air panas, Makam Kademangan, Makam Ki Ageng Giring, Makam Sunan Geseng, dan Batik Gumelem. Di sini juga dikenal akan Empu atau pande besi, serta kuliner khas seperti landan petis, tak ketinggalan minuman tradisional wedang jalang, wedang jembawuk, dan kopi goong.

 

Wisatawan yang datang ke Desa Wisata Gumelem akan disambut dengan penyematan udheng (iket kepala) dan meminum air degan (kelapa hijau). Selanjutnya, wisatawan dapat menjajal belajar membatik di salah satu pengrajin batik Gumelem. Perjalanan semakin seru karena wisatawan diajak keliling desa dengan mengendarai dokar/andong untuk melihat keunikan masjid Kuno yang di bangun pada masa perwalian, menyaksikan atraksi pande besi dan mengunjungi makam Ki Ageng Giring yang berada di bawah bukit Giri Langen.

 

Penjelajahan berlanjut  ke makam Sunan Geseng dengan mengendarai Jeep. Ketua Pokdarwis Giri Indah Angga menjelaskan “sebenarnya perjalanan hanya 30 menit dari pusat Pemerintahan Desa, karena jalan agak menanjak maka kita naik jeep supaya wisatawan lebih menikmati eksotiknya suasana alam padukuhan Desa Wisata Gumelem” katanya. (dien’s-21 / disparbud Kab. Banjarnegara / diolah).

Bagikan