Selamat! 5 Desa Wisata Di Jateng Masuk 75 Terbaik ADWI 2023

Sebanyak 5 desa wisata di Jawa Tengah berhasil masuk dalam kategori 75 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023. Seperti yang dikutip Visit Jawa Tengah dari video yang diunggah di @anugerahdesawisataindonesia pada Rabu (22/3), 5 Desa Wisata tersebut ialah Desa Wisata Besani (Kabupaten Batang), Desa Wisata Sidowarno (Kabupaten Klaten), Desa Wisata Pekunden (Kabupaten Banyumas), Desa Wisata Conto (Kabupaten Wonogiri), dan Desa Wisata Sambongrejo (Kabupaten Blora).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, menyampaikan bahwa 75 Desa Wisata Terbaik telah melalui rangkaian kurasi penilaian dewan juri terhadap 5 klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data melalui Jadesta. Adapun jumlah peserta pada ADWI 2023 mencapai 4.573 desa wisata. Rangkaian kegiatan ADWI 2023 selanjutnya ialah peninjauan dan penilaian secara langsung oleh Dewan Juri ke 75 Desa Wisata Terbaik tersebut.

Penasaran apa saja yang unik dan menarik di 5  desa wisata tersebut? Yuk, kenali lebih dekat.

DESA WISATA PEKUNDEN
Desa Pekunden di Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, merupakan desa wisata berbasis kreatif. Sebagaimana dikutip dari jadesta.kemenparekraf.go.id, Daya Tarik Wisata yang dimiliki antara lain Kampoeng Nopia Mino sebagai wisata unggulan, Oemah Gamelan, Kebun Buah Naga, Oemah Batik, Oemah Manggleng, Kampung Garmen, dan lainnya. Desa Wisata Pekunden nenyediakan 25 homestay yang tersebar di beberapa Daya Tarik Wisata. Jadi, tak perlu bingung jika ingin bermalam di sini. Informasi selengkapnya silakan follow Instagram @deswita_pekundenn.

DESA WISATA BESANI
Desa Wisata Besani terletak di Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Dalam jadesta.kemenparekraf.go.id disebutkab bahwa atraksi wisata yang ditawarkan antara lain Besani Village Treking, Curug Dewi Besani, Wisata Keren De Blado, Nostalgia Layar Tancap, dan Pentas Tari Dewi Besani. Tersedia juga homestay De Blado dengan konsep klasik ala kerajaan zaman kuno. Yuk, kepoin Instagramnya @dewibesani.

DESA WISATA SAMBONGREJO
Dikutip dari blorakab.go.id, Desa Wisata Sambongrejo terletak di wilayah Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, yang terkenal dengan kearifan lokal Kampung Samin. Berkunjung ke desa ini, wisatawan dapat mwngikuti beragam kegiatan,  sepertin treking sawah, pembuatan tempe dengan bungkus,  belajar membatik, belajar klothek lesung, atau edukasi ternak kambing etawa. Silahkan follow Instagram @desa_wisata_sambongrejo untuk info paket wisata selengkapnya.

DESA WISATA SIDOWARNO
Desa Wisata Sidowarno di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, dikenal sebagai desa wayang, khususnya wayang kulit dari Kulit Kerbau. Selain belajar tentang wayang kulit, wisatawan dapat mencoba jemparingan (panahan tradisional), Otrans becak, Otrans onthel, atau menyaksikan langsung petunjukan tari tradisional, seperti tari remo, tari punokawan, dll. Jangan kelewatan follow Instagram @desawisatawayang, ya.

DESA WISATA CONTO
Berkunjung ke Desa Wisata Conto bisa bikin jatuh cinta. Pasalnya, desa yang terletak di Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri ini punya potensi alam yang sangat menarik, antara lain Goa Resi, Air Terjun Kresek, Bukit Gendol (Hutan Sadiman), Hutan Pinus, dll. Wisatawan juga dapat belajar memetik dan mengolah kopi dan teh hingga siap seduh, belajar alat musik tradisional, dan belajar tari tradisional. Penasaran? Langsung follow Instagramnya @cintaconto ya. 

 


Yuk, dukung terus Desa Wisata Jawa Tengah untuk menjadi yang terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023. (Admin)

Bagikan