Waduk Kubangkangkung, Satu-satunya Waduk Di Cilacap

Berkunjung ke Cilacap pasti ke pantai, eh, tunggu dulu. Di Cilacap tidak hanya ada pantai saja. Tapi juga ada waduk. Satu-satunya waduk di Cilacap ini ada di Kecamatan Kawunganten. Namanya Waduk Kubangkangkung atau kalau ejaan jaman dulu menyebutnya Koebangkangkoeng.

Kenapa diberi nama Kubangkangkung? Konon di waduk tersebut adalah kubangan air yang ditumbuhi kangkung. Itulah kenapa ikon yang dibangun di tengah Waduk Kubangkangkung berbentuk kangkung. Yang mungkin sekilas orang akan berpikir itu lebih mirip bunga teratai dari pada kangkung.

Waduk Kubangkangkung ini berada di tengah hutan jati. Jika kalian akan ke Pangandaran atau Bandung dari Cilacap Kota, kalian akan melewati hutan jati yang lebat dengan jalan berliku-liku. Tidak ada rumah penduduk di hutan itu. Hanya ada Waduk Kubangkangkung di tengah hutan. Paling jika siang ada beberapa warung pinggir jalan yang berjualan es kelapa muda dan gorengan. Jika malam, jalanan gelap dan sunyi walau menjadi jalan penghubung antar propinsi.

Terkesan mistis memang tapi bila kalian ke Waduk Kubangkangkung siang hari, tidak seseram itu keadaannya. Di Waduk Kubangkangkung ada banyak wahana permainan anak dan beberapa spot swafoto. Kalian bisa menikmatinya bersama keluarga, teman, atau yang tersayang.

Pemandangan yang menjadi ciri khas Waduk Kubangkangkung ini tentunya genangan air berupa waduk yang dikelilingi hutan jati. Suasana rindang pepohonan dengan angin semilir sambil menikmati pemandangan waduk bisa menjadi pilihan pengunjung. Dan jangan lupa kopi dan mendoannya yang bisa dipesan di warung-warung pinggir waduk.

Selain pemandangan alami waduk, kalian juga bisa mencoba beberapa wahana permainan dan spot foto antara lain:

Istana Balon

Wahana ini tentu cocok untuk anak-anak. Bentuknya seperti istana dengan beberapa pilar namun seperti balon yang di dalamnya angin. Tentu bila anak-anak masuk ke dalamnya membal seperti trampolin. Warna dan gambarnya pun lucu-lucu sesuai dengan anak kecil.

Kolam Renang

Pengunjung bisa berenang tapi bukan di waduknya. Di samping waduk disediakan kolam renang khusus bila pengunjung ingin berenang. Tentunya sudah disediakan pelampung dan kamar mandi untuk pengunjung yang ingin berenang.

Perahu Bebek

Nah, waduknya untuk apa sih? Di waduk pengunjung bisa bermain perahu bebek. Tiap perahu maksimal 2 orang dewasa. Pengunjung bisa mengelilingi waduk sepuasnya dengan perahu bebek ini. Apa perahunya bentuk bebek saja? Tentu tidak. Bentuk perahunya macam-macam, hanya saja orang awam menyebutnya perahu bebek atau bebek-bebekan.

Zazax Koebang

Apa sih zazax koebang? Ini adalah salah satu wahana di Waduk Kubangkangkung. Berbentuk jembatan mengapung yang menghubungkan antara satu sisi waduk dengan sisi yang lain. Jembatan ini terbuat dari kayu yang bawahnya drum yang membuat jembatan ini mengapung. Di tengah jembatan ada beberapa tempat duduk, tanaman, dan ornamen yang bagus untuk swafoto.

Selain 4 wahana dan spot swafoto di atas juga ada terapi ikan, kereta listrik, mandi bola, ATV, dan mini trail. Beberapa ornamen juga menghiasi jalan setapak seperti payung dan ban yang bagus juga digunakan untuk spot swafoto. Ada juga dyno park, naga, taman, panggung yang bisa digunakan untuk swafoto juga. Mau swafoto yang alami tanpa cat warna-warni? Pohon jati di sekitar waduk juga tertata rapi, cocok untuk foto lebih terkesan natural.

Banyak kan? Kalian bisa pilih sesuai selera. Semua wahana permainan dan spot swafoto ada yang gratis ada juga yang berbayar dari 3.000 sampai 20.000 rupiah. Fasilitas penunjang lain seperti kamar mandi, mushola, dan warung juga tersedia. Setiap weekend biasa juga ada event tambahan dari pihak pengelola.

Yuk, ke Waduk Kubangkangkung. Jangan lupa ajak keluarga, teman, pacar. Oia, kalau mau kumpul komunitas, outing class, atau outbond dengan tim kantor juga bisa loh.

Bagikan