PASAR GEDHE

Pasar Gedhe adalah pasar tradisional di Solo yang terletak di pusat kota, dekat dengan Perumahan Pecinan (Balong) dan Vihara Avalokitesvara. Nama Gedhe diberikan karena pasar ini memiliki atap yang besar. Pasar Gedhe dibangun oleh seorang arsitek terkenal dari Belanda, Thomas Karsten. Gaya arsitektur pasar ini merupakan perpaduan antara gaya Jawa dan Belanda. Pasar Gedhe terdiri dari dua bangunan yang dipisahkan oleh jalan Sudirman. Meski mengalami beberapa kali renovasi, arsitektur asli bangunan tetap dipertahankan.

Pasar Gedhe diakui sebagai bangunan cagar budaya setelah Pasar Klewer. Pasar ini menjual banyak kebutuhan sehari-hari seperti sayur dan buah-buahan. Yang menarik, Pasar Gedhe juga menjual banyak makanan tradisional seperti risol Solo, pastel, lumpia, cabuk rambak, klepon, grontol, es dawet telasih dan jamu.

Hingga saat ini, Pasar Gedhe selalu ramai dikunjungi wisatawan atau pembeli kebutuhan sehari-hari. Jika Anda berkunjung ke Solo, jangan lupa berkunjung ke Pasar Gedhe, pasar bersejarah. Padahal, beberapa acara tahunan diadakan di Pasar Gedhe, misalnya Grebeg Sudiroprajan (Perayaan Tahun Baru Imlek).