PASAR KLEWER

Hai Sobat Wisata! Weekend Tetap Stay Di rumah Aja! Atau Jalan-jalan nih! Tetap patuhi protokol kesehatan ya guys! Ada berita dari surakarta nih pusat belanja yang terkenal dan jadi tempat rujukan para wisatawan? Coba tebak apa itu?! Ya,Betul sekali !”Pasar Klewer”. Pasar Klewer adalah pasar pusat tekstil terbesar di surakarta. Nama klewer berasal dari bahasa jawa yang memiliki arti “baju yang digantung”, Pasar ini juga mendapat julukan pasar Slompretan, kata slompret itu berarti terompet yang menjadi penanda kereta api berangkat pada zaman dulu. 

Dahulu kala, pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, kawasan Pasar Klewer merupakan perhentian kereta api yang digunakan sebagai tempat berjualan para pedagang pribumi. Pasar Slompretan merupakan tempat para pedagang kecil menawarkan barang dagangan berupa kain batik. Pakaian tersebut mereka letakkan di pundak sehingga terlihat menjuntai atau tidak beraturan jika dilihat dari kejauhan. Dari barang dagangan kain batik, pasar ini dikenal sebagai Pasar Klewer. Pedagang di Pasar Klewer awalnya adalah pedagang yang berjualan di daerah Banjarsari dan Supit Urang. Pasar klewer mulai berkembang pada tahun 1942-1945 dan berkembang hingga tahun 1968. Pemerintah kemudian membangun gedung pasar permanen bertingkat pada tanggal 9 Juni 1970, untuk menampung para pedagang yang diresmikan oleh Presiden Soeharto.

Saat ini, pasar Klewer yang sudah asri masih menjadi tempat singgah utama ribuan pedagang dan pembeli setiap harinya. Ada 2.211 pedagang yang memiliki kios dan 765 pedagang yang tidak memiliki kios berbaur di pasar ini. Suasana di gedung lama dan gedung baru Pasar Klewer terasa berbeda. Nuansa sempit, lusuh, dan tidak beraturan terlihat pada bangunan tua tersebut. Sedangkan gedung baru lebih rapi, leluasa, dan mudah. Mobilitas naik turun pasar bertingkat menjadi lebih mudah berkat kehadiran elevator dan ekskavator. Kini, ikon Solo ini juga dilengkapi dengan lahan parkir luas yang sebelumnya kerap membuat kemacetan.

Pasar yang terletak bersebelahan dengan Keraton Surakarta, pusat perbelanjaan kain batik kota kota di Indonesia seperti Yogya,Semarang, Surabaya ,dll. Pasar ini buka dari senin-minggu jam 8 pagi-5 sore.