HARI JADI KABUPATEN PURWOREJO

PURWOREJO – Pemerintah Kabupaten Purworejo akan menggelar berbagai event untuk memeriahkan Hari Jadi ke-189. Agenda ini sekaligus menandai dimulainya Romansa Purworejo atau Tahun Kunjungan Wisata Purworejo 2020.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo Agung Wibowo mengatakan, rangkaian acara akan berlangsung dari tanggal 14 Februari sampai 8 Maret 2020. Pada event ini, berbagai agenda akan disuguhkan kepada warga, mulai event budaya, religi hingga mendatangkan artis ibukota.

“Tujuannya untuk menyedot kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara. Kami harap para pelaku wisata termasuk agen perjalanan bisa memanfaaatkan momen ini sebagai gongnya Romansa Purworejo atau Tahun Kunjungan Wisata Purworejo 2020,” ujar Agung, didampingi Kabag Humas dan Protokol Setda Purworejo Rita Purnama, saat jumpa pers di ruang Press Centre, Jumat (7/2/2020).

Agung memaparkan, rangkaian event hari jadi akan dibuka dengan acara Grebeg Durian, Jumat-Minggu (14-16/2/2020). Selain arak-arakan durian, adapula pembagian durian secara gratis dan penjualan bibit buah berduri itu. Acara yang akan dihelat di depan Pendopo Kabupaten itu, bertujuan untuk memperkenalkan Purworejo sebagai salah satu sentra durian di Indonesia.

Adapula event religi, yang menghadirkan Habib Syech pada tanggal 15 Februari 2020 di alun-alun Purworejo. Selain itu, ada Muhibah Budaya yang terdiri dari beberapa kegiatan pada 18-22 Februari. Direncanakan pula sebuah gelaran bertajuk Malam Budaya, yang rencananya akan dihadiri Gubernur DIY dan Gubernur Jawa Tengah pada 22 Februari.

Puncak peringatan Hari Jadi ke 189 Purworejo akan digelar pada tanggal 27 Februari 2020. Diawali dengan pentas karawitan di Pendopo Kabupaten, dilanjutkan sidang paripurna istimewa di DPRD dan peresmian proyek pembangunan di RSUD kelas C. Malam harinya Pengetan Jumenengan serta sendratari di Pendopo Kabupaten.

Pada hari Sabtu (29/2/2020), di penghujung bulan Februari, akan ada penampilan dari artis ibukota. Mereka akan tampil pada program Kilau Raya di atas panggung sepanjang 50 meter di alun-alun Kabupaten Purworejo dan ditayangkan di MNC TV.

Penulis : Kr, Humas Purworejo
Editor : Rk, Diskominfo Jateng

Sumber :  https://jatengprov.go.id/beritadaerah/hari-jadi-ke-189-purworejo-ada-grebeg-durian-hingga-pentas-budaya/