10 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Dieng

Dataran Tinggi Dieng telah menjadi magnet wisatawan untuk berkunjung ke Jawa Tengah. Di Dieng, wisatawan dapat menikmati sensasi liburan dengan suasana pegunungan yang asri dan alami. Udara sejuk cenderung dingin, dipadu dengan pesona alam yang menawan bisa jadi alasannya.

Secara geografis, kawasan Dataran Tinggi Dieng berada di enam kabupaten yaitu Wonosobo, Banjarnegara, Batang, Pekalongan, Temanggung, dan Kendal. Namun, obyek wisata di Dieng lebih banyak berada di Wonosobo dan Banjarnegara.

Setidaknya ada 10 tempat wisata yang wajib dikunjungi saat liburan ke negeri di atas awan. Sebab, lokasi tempat wisata berdekatan satu sama lain. Jadi, sekali liburan ke Dieng, 10 spot terlampaui. Mana saja?

Berikut daftar 10 tempat wisata di Dieng yang wajib disambangi saat liburan ke Dieng:

1. Gunung Prau

Pemandangan di Gunung Prau selalu sukses bikin siapapun rindu. Tak heran, bila gunung yang memiliki ketinggian 2.565 mdpl menjadi incaran para pendaki.

Di Gunung Prau, pendaki dapat menjadi saksi betapa magisnya panorama matahari terbit, lautan awan, serta lanskap berbagai gunung yang terlihat dari puncak Gunung Prau. Bahkan sebagian pendaki menyebut, panorama sunrise di Gunung Prau menjadi yang terbaik se-Asia Tenggara.

2. Bukit Sikunir

Bila Gunung Prau dirasa masih terlalu tinggi, wisatawan dapat mengalihkan tujuan ke Bukit Sikunir yang memiliki ketinggian 2.300 mdpl. Bukit Sikunir menawarkan keindahan berupa pemandangan delapan gunung di sekitarnya yang dapat terlihat dari puncak bukit. Mirip seperti Gunung Prau. Pun dengan panorama golden sunrise-nya yang bisa disebut terbaik.

Untuk dapat mencapai Bukit Sikunir, wisatawan harus berjalan selama 30-45 menit dari bawah. Tenang saja, fasilitas tangga sudah tersedia dan jalurnya tidak sesulit Gunung Prau.

3. Telaga Cebong

Saat liburan ke Bukit Sikunir, wisatawan pasti akan melewati Telaga Cebong. Sebab di sinilah, titik mula untuk mulai mendaki sekaligus tempat parkir kendaraan.

Nah, wisatawan dapat berkemah di sekeliling Telaga Cebong sembari menunggu waktu untuk mendaki Bukit Sikunir pada dini hari. Area camp di sekitar Telaga Cebong juga terbilang luas dan mampu menampung ratusan tenda.

4. Telaga Warna

Telaga Warna menjadi salah satu ikon wisata di Dieng sekaligus destinasi favorit pengunjung. Wisatawan bisa berjalan di jalan setapak yang mengelilingi danau. Telaga Warna bersebelahan dengan Telaga Pengilon.

Disebut Telaga Warna, karena air di telaga ini bisa berubah warna. Mulai dari hijau, kuning, atau seperti warna pelangi. Hal ini karena kandungan belerang yang cukup tinggi di Telaga Warna.

5. Batu Pandang Ratapan Angin

Ingin menikmati Telaga Warna dari ketinggian? Jalan kakilah sejenak menuju Batu Pandang Ratapan Angin. Akses masuk ke lokasi Batu Pandang Ratapan Angin berada tak jauh dari Telaga Warna.

6. Candi Arjuna

Tak lengkap rasanya liburan ke Dieng bila tidak menyambangi kompleks Candi Arjuna yang merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Ada lima candi yang saling berjajar lurus di kompleks Candi Arjuna.

Selain menjadi tempat wisata, kompleks Candi Arjuna juga menjadi lokasi ritual cukuran rambut gimbal yang diadakan setiap tahun. Di lokasi ini pula, wisatawan dapat menikmati fenomena embun upas atau fenomena kristal es yang muncul di Dieng.

7. Kawah Sikidang

Lokasi Kawah Sikidang yang berada di dekat kompleks Candi Arjuna menjadikannya sebagai lokasi yang wajib dikunjungi. Kawah Sikidang adalah salah satu kawah vulkanik yang masih aktif di Dieng.

Wisatawan dianjurkan memakai masker saat memasuki area Kawah Sikidang. Sebab, bau belerang di sini sangat menyengat.

8. Savana Pangonan

Kata siapa Dieng tak punya savana? Buktinya, ada Savana Pangonan yang bisa menjadi tujuan liburan di Dieng.

Savana Pangonan menyimpan keindahan berupa padang rumput liar yang begitu luas. Saat musim kemarau, rumput pun menguning yang membuatnya semakin menarik.

Savana Pangonan berada tak jauh dari kompleks Candi Arjuna. Saat berada di Savana Pangonan, pengunjung dapat menikmati kompleks Candi Arjuna dan Kawah Sikidang dari ketinggian.

9. Telaga Merdada

Nama Telaga Merdada memang tidak sepopuler Telaga Warna. Namun, panorama yang disajikan sama eksotisnya. 

Telaga Merdada merupakan telaga paling besar di Dieng yang dikelilingi area perkebunan kentang milik warga. Lokasi Telaga Merdada berada di antara Bukit Pangonan dan Bukit Sumurup.

10. Telaga Dringo

Telaga Dringo cocok disambangi wisatawan yang ingin menikmati suasana tenang dan alami. Sebab belum begitu banyak wisatawan yang tahu keberadaan Telaga Dringo.

Karena berada di ketinggian 2.222 mdpl, Telaga Dringo disebut sebagai telaga tertinggi di Jawa Tengah. Selain itu, ia juga juga disebut sebagai miniatur Ranu Kumbolo.

Sebenarnya masih banyak tempat wisata di Dieng yang tak kalah eksotis, menakjubkan, dan cantik. Sebut saja Kawah Candradimuka, Telaga Menjer, atau spot wisata lainnya. Sudah merencanakan liburan ke Dieng? (Kontributor)

 

Foto 1 : Panorama Dieng

Foto 2 : Gunung Prau

Foto 3 : Telaga Cebong

Foto 4 : Telaga Warna