3 Wisata Eks Pabrik Gula Di Solo Raya

Solo Raya merncakup beberapa kota dan kabupaten yang terdiri dari Surakarta, Boyolali, Sukaharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, dan Klaten atau disingkat Subosuwonokraten. Kawasan ini memiliki potensi wisata yang beragam, tak terkecuali wisata sejarah berupa peninggalan Pabrik Gula. Berikut adalah beberapa eks Pabrik Gula yang kini menjadi daya tarik wisata yang menarik untuk dikunjungi.

 

DE TJOLOMADOE

De Tjolomadoe merupakan kawasan wisata hasil revitalisasi PG Colomadu. De Tjolomadoe kawasan wisata yang menawarkan fasilitas dan keindahan seperti: peninggalan arsitektur PG Colomadu yang masih dipertahankan, museum pabrik gula, tempat pagelaran budaya dan pertemuan yang disewakan untuk umum, café outdoor serta aula multiguna yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pameran dan budaya lainnya. PG Colomadu menempati lahan seluas 6.5 Ha kini menjelma menjadi landmark baru bagi daerah tujuan wisata Karanganyar dan Surakarta. Spot instagramable sudah pasti ditemukan di setiap sudut bekas pabrik gula yang awal berdirinya diprakarsai oleh KGPAA Mangkunegara IV pada 8 Desember 1861 ini. Jika menginginkan bersantai, De Tjolomadoe juga menyediakan Tjolo Koffie dan Besali Café yang akan memanjakan mata kita dalam nuansa kolonial Belanda saat menikmati hidangan.

Lokasi : Jalan Adi Sucipto No. 165. Desa Malangjiwan. Colomadu, Kabupaten Karanganyar

 

AGROWISATA SONDOKORO TASIKMADU

Agrowisata Sondokoro berada di kompleks PG Tasikmadu peninggalan Belanda ini dalam pengelolaan PTPN Nusantara IX dan mulai dibuka untuk publik sejak tahun 2005. Wisata ini menggabungkan konsep agro dan industri gula dalam nuansa tempo dulu. Agrowisata Sondokoro dilengkapi dengan beragam fasilitas permainan untuk anak-anak hingga dewasa seperti: dunia kreasi anak, wahana permainan mandi bola, jembatan gantung PAUD, arena outbound, taman lalu lintas, air cerdas, audio visual, kolam renang, rumah makan, souvenir, arena refleksi dan terapi serta monumen mesin giling 1926. Tidak hanya permainan, tema edukasi juga menjadi andalan agrowisata yang berdiri di atas lahan 28 Ha ini, pengunjung dapat menyaksikan proses pembuatan gula serta mengelilingi kawasan perkebunan tebu dengan sarana transportasi spoor Teboe dan Spoor Goela.

Lokasi             :Jalan Mangkunegara Bojonegara, Nglande Wetan, Ngijo, Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar

 

THE HERITAGE PALACE

The Heritage Palace merupakan revitalisasi dari PG Gembongan yang kini dikembangkan oleh PT Gendhis Mas Sentosa. Wisata ini berkembang sebagai wahana wisata keluarga yang di dalamya terdapat museum 3D Trick Art, Omah Kwalik, Museum Transportasi, Thee Kultur, Convention Hall, Kids Town, Food Street hingga Museum Industri.  The Heritage Palace juga menyediakan Convention Hall dan Photo Product untuk acara birthday, wedding, seminar, exhibition, graduate, event dan prewedding dengan tampilan bangunan yang lebih menarik karena mengusung gaya khas Eropa yang mewah dan megah.

Lokasi   :Jalan Permata Raya, Dukuh Tegal Mulyo RT 02/08, Pabelan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo

 

Yuk, agendakan berwisata ke sana! (Wiwin)

 

Bagikan