Dolan Ke Curug Bayan

Di keadaan seperti sekarang bila ingin liburan tidak perlu muluk-muluk sampai bepergian jauh, cukup di sekitar rumah kita saja. Tempat yang mudah dijangkau, suasana menenangkan, dan aman terhindar dari kerumunan. Kalian yang di Banyumas bisa mencobanya ke curug atau air terjun yang dekat dengan rumah.

Letak geografis Kabupaten Banyumas yang berada di lereng Gunung Slamet membuatnya memiliki banyak curug. Dari curug yang mudah dijangkau sampai yang butuh perjuangan mencapainya. Dari curug yang sudah dikelola dengan baik sampai ada yang belum bernama. Saking banyaknya, curug tersebut punya ciri khas tersendiri. Salah satunya Curug Bayan.

Curug Bayan ini memiliki aliran air terjun yang tidak begitu tinggi. Banyaknya bebatuan di sekitar curug membuat aliran airnya berundak-undak. Walau tidak begitu tinggi, suasana di Curug Bayan sejuk dan airnya pun dingin. Cukup memberikan kesegaran setelah bosan dengan aktifitas sehari-hari.

Mudah Dijangkau

Curug biasanya berada di dataran tinggi yang jalannya susah dijangkau. Butuh tenaga eksra untuk mencapainya. Jalannya yang menanjak, berliku, pinggir jurang, dan licin yang berbahaya dilalui kendaraan. Namun berbeda dengan Curug Bayan. Lokasinya mudah dijangkau, baik dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Tidak perlu takut melewati jalan yang curam pinggir jurang atau jalan yang rusak. Akses menuju Curug Bayan sudah sangat baik dan beraspal mulus. Pun tidak perlu berjalan kaki terlalu jauh dari tempat parkir atau pintu masuk objek wisata. Karena Curug Bayan ini letaknya tidak jauh dari pinggir jalan.

Lokasi Curug Bayan ada di Desa Ketenger Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas. Dari Objek Wisata Baturaden juga tidak jauh. Dari pertigaan sebelum terminal Baturaden belok kiri mengikuti penunjuk jalan. Atau dari perempatan terminal Baturaden ke arah barat, ada pertigaan belok kanan mengikuti jalan sampai bertemu Curug Bayan.

Berenang di Curug Bayan

Apa yang bisa dilakukan di Curug Bayan? Tentu saja berenang. Aliran air terjun yang tidak tinggi dan dibawahnya membentuk kolam yang aman untuk berenang, membuat Curug Bayan ini cocok untuk berenang. Airnya jernih dan dingin membuat sensasi tersendiri. Fasilitas seperti kamar mandi juga sudah tersedia di sekitar curug.

Menginap di Villa Bayan

Ini yang membuat Curug Bayan berbeda dengan curug lainnya di Banyumas. Biasanya kalau ingin menginap di sekitar curug menggunakan tenda di camping ground. Kalau di Curug Bayan, pengunjung bisa menginap di villa yang ada di kawasan curug bayan.

Bangunan villa yang sebagian besar terbuat dari kayu ini cocok untuk staycation, bersantai melepas penat. Fasilitas yang disediakan pun lengkap. Pengunjung bisa menyewa satu villa atau satu kamar. Pemandangan asri dan suara gemericik air Curug Bayan bisa langsung dinikmati dari dalam kamar.

Tarif menginap di villa sudah termasuk akses masuk ke Curug Bayan 24 jam. Namun, bila ingin ke Curug Bayan saja tanpa menginap, tiap pengunjung dikenai biaya masuk 5.000 rupiah dengan jam buka 8.00-17.00. Yuk, liburan yang dekat dengan rumah saja. (Kasih/ Kontributor)