5 Spot Seru Di Grand Maerakaca Semarang

Main ke taman mini Jawa Tengah yuk. Namanya Grand Maerakaca. Dulu dikenal dengan Puri Maerakaca. Pergantian nama ini sejak 12 Mei 2017. Selain namanya yang berubah, ada banyak wahana dan fasilitas baru yang menarik. Tak heran jika kini Grand Maerakaca  menjadi pilihan wisata keluarga masyarakat Semarang dan sekitarnya. Apa saja? Yuk keliling Grand Maerakaca.

Taman Mini Jawa Tengah

Mengapa disebut Taman Mini Jawa Tengah? Karena di Grand Maerakaca para pengunjung bisa melihat berbagai replika dan miniatur dari bangunan-bangunan khas yang ada di seluruh Provinsi Jawa Tengah. Setidaknya ada sekitar 30 bangunan atau rumah adat yang mempunyai ciri khas dari Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

Daya tarik tidak hanya berasal dari replika miniatur rumah adat saja, melainkan juga berasal dari berbagai macam pameran yang disajikan. Pameran tersebut sangat beragam bentuknya, dari mulai kerajinan tangan, makanan dan minuman khas, serta pakaian khas dari masing-masing daerah. Oleh karena itu, Grand Maerakaca juga dikenal sebagai tempat wisata edukasi dan wisata budaya bagi masyarakat.

Trekking Hutan Mangrove

Daya tarik lain yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Grand Maerakaca adalah menyusuri kawasan hutan mangrove. Dengan jalur yang sudah dibuat, pengunjung bisa berjalan santai dan melihat pemandangan sekitar yang indah dari rimbunan pohon mangrove.  Pada jalur trek ini, pengunjung juga memanfaatkannya sebagai spot foto. Tak heran lokasi ini juga sering digunakan sebagai latar foto prewedding.

Lumina Grand Maerakaca

Selain taman mini Jawa Tengah dan trekking mangrove, pengunjung juga bisa merasakan keliling dunia di Lumina Grand Maerokoco. Di sini menawarkan miniatur bangunan-banguna dari 5 (lima) negara, yakni Jepang, Turki, Meksiko, Santorini (Yunani) dan Arab. Masing-masing bangunan ditampilkan dalam bentuk 3 Dimensi. 

Goulf Grand Maerakaca

Main golf harga merakyat? Ke Goulf Grand Maerakaca aja. Tempatnya asyik dan instagenic. Saat sore hari bisa melihat sunset atau nongkrong dengan view danau Grand Maerakaca. Mulai dari Rp 20.000 pengunjung sudah mendapatkan basic training dan peminjaman stick golf. Info selengkapnya di Instagram @goulf_grandmaerakaca ya.

Wisata Kuliner

Grand Maerakaca juga bisa dibilang sebagai tempat wisata kuliner. Berbagai macam kuliner khas Jawa Tengah bisa didapatkan di sini dengan harga terjangkau. Sambil menyantap makanan dan melihat pemandangan dari atas jembatannya, tentu bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Pengunjung bisa beristirahat sejenak setelah berkeliling untuk melihat miniatur atau wahana yang ada di sini.

Lokasi, Jam Operasional, dan Tiket

Grand Maerakaca  terletak di Jalan Puri Anjasmoro yang berjarak sekitar 5 km dari Tugu Muda.  Tempat rekreasi ini biasa beroperasi mulai dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Untuk bisa menikmati liburan menyenangkan disini, pengunjung cukup membayar sekitar Rp 15.000 saja untuk tiket masuknya.

Liburan semakin menyenangkan dengan adanya wisata edukasi dan budaya dengan kemasan yang menarik. Pengunjung bisa datang ke Grand Maerakaca untuk melihat lebih dekat budaya yang ada di Provinsi Jawa Tengah. (Nico / Kontributor / Diolah)