Mengunjungi Agrowisata Sapi Perah Di Cepogo Boyolali

Pesona kabupaten Boyolali memang tidak lepas dari adanya susu. Identitas tersebut disimbolkan dalam patung susu tumpah yang ada di pusat  kota Boyolali. Selain itu, landmark patung sapi "Lembu Sora"di kompleks terpadu Pemkab Boyolali juga menjadi penanda kawasan yang menjadi sentra pengolahan susu sapi.

Memiliki dataran tinggi di daerah barat dan dataran rendah di daerah timur mejadikan Boyolali memiliki pesona beragam mulai dari alam pegunungan, waduk, umbul, kerajinan khas hingga agrowisata. Salah satunya adalah agrowisata sapi perah Cepogo yang menjadi salah satu tempat tujuan wisata edukasi favorit di Jawa Tengah.

Cepogo berada di lereng Merapi dan berjarak 13 km dari pusat kota Boyolali. Lokasinya di ketinggian menyebabkan Iklim dingin yang cocok sebagai lokasi peternakan sapi perah. Cepogo menawarkan wisata edukasi yang memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi susu dan pengetahuan tentang segala proses yang berkaitan dengan susu sapi mulai dari proses berternak sampai proses pengolahan menjadi barang yang siap konsumsi.

Pemilik rumah yang juga peternak sapi akan menyambut dengan ramah, sehingga pengunjung merasa nyaman untuk bertanya-tanya. Pengunjung dapat merasakan pengalaman memberi makan, berfoto, melihat atau mencoba sendiri memerah susu sapi, hingga menikmati aneka olahan susu di warung-warung yang tersedia.

Susu sapi Boyolali juga banyak digunakan oleh industri susu skala besar di luar daerah sebagai bahan baku sehingga menjadikannya sebagai salah satu komoditas utama.

Bagaimana? Menarik  bukan? Pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik karena jalur yang ditempuh menanjak dan berkelok. Namun demikian, panorama alam khas pegunungan akan menemani sepanjang perjalanan. (Wiwin/ Kontributor)

Halaman 1 2