Menyantap Pecel Mie Kenyol Khas Batang

Kuliner Nasi Megono pastilah sudah tak asing lagi bagi para wisatawan yang datang ke Pekalongan-Batang. Olahan cacahan nangka muda dan parutan kelapa ini sangat mudah ditemui di warung-warung sekitar alun-alun Batang. Namun, tahukah Anda? Batang juga memiliki kuliner lainnya yang tak kalah populer dari Nasi Megono, yaitu Mie Kenyol. 

Nah, tak hanya disajikan dengan digoreng atau direbus saja, rupanya mie yang terbuat dari tepung tapioka ini dapat diolah menjadi aneka kudapan. Salah satunya Pecel Mie Kenyol. 

Sekilas pecel mie kenyol ini tampak seperti pada pecel lainnya. Dimana mie kenyol bersama sayur mayur lainnya di aduk rata bersama saus sambal kacang. Tak jarang bagi yang tak doyan sayur, mie kenyol ini langsung disajikan dengan bumbu sambal kacang tadi. 

Hadirnya mie kenyol dalam pecel ini pun menambah tekstur rasa pada pecel. Selain segarnya sayur, pembeli juga bisa merasakan kekenyalan mie kenyol. Rasa tersebut semakin mantap jika bumbu kacangnya pun ngluget atau melimpah ruah. Terlebih jika anda penikmat sensasi pedas, tentunya akan tambah lezat jika sambal kacang dicampur beberapa biji cabai merah keriting. 

Untuk menemukan kudapan ini pun tak sulit. Beberapa tempat wisata di Batang pun kerap menyuguhkan kudapan ini. Salah satu yang cukup terkenal adalah di kompleks Bendungan THR Kramat.

Beberapa warung di THR Kramat ini menyajikan menu Pecel Mie Kenyol.  Di sini per porsinya Pecel Mie Kenyol dibanderol mulai Rp5000-an saja. Biasanya Pecel Mie Kenyol ini sangat nikmat jika dimakan bersama mendoan hangat. Sembari menikmati panorama alam sekitar. 

Di Batang sendiri ada beberapa sentra pembuatan mie kenyol. Salah satu yang paling terkenal adalah di Desa Kasepuhan Kecamatan Batang. Mie kenyol yang ada di sini pun masih dibuat menggunakan alat-alat tradisional. Dan untuk pengeringannya masih mengandalkan sinar matahari. (Nov)