Naik-naik Ke Puncak Bukit Cendana

Selain dikenal dengan wisata lautnya, Kabupaten Rembang juga memiliki potensi wisata di area perbukitan. Namanya bukit Cendana. Wisata yang berada di Desa Candimulyo Kecamatan Sedan ini sedang hits. Waktu tempuhnya sekitar 40 menit jika dari pusat Kota Rembang.

Wisata ini baru berdiri beberapa  bulan lalu. Dikelola oleh para pemuda karang taruna setempat. Salah satu karangtaruna mengatakan, ide untuk menata tempat ini muncul bersama dengan komunitas lain. Kata dia, di atas bukit juga terdapat pohon-pohon Cendana. 

Rute menuju Bukit Cendana bisa melewati jalan Lasem-Sale, kemudian masuk di jalan pedesaan. Namanya juga perbukitan, akses jalannya pun agak menanjak. Sampai area desa Candimulyo, warga sekitar sudah memberikan petunjuk jalan ke arah puncak. Setibanya di area parkir bisa diakses dengan sepeda motor, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki. Namun jangan khawatir, waktu tempuhnya cukup singkat.

Bukit Cendana berada pada ketinggian ketinggian sekitar 560 meter di atas permukaan air laut. Jalan setapak yang dilalui untuk menuju puncak cukup landai. Saat berkunjung ke sana beberapa waktu lalu, para wisatawan nampak kuat mendakinya. Pengunjung harus berjalan sekitar satu kilometer kemudian barulah sampai di puncak. Atau jika ingin memotong jalan bisa berseluncur dengan flying fox. dengan biaya sebesar Rp 10 ribu.

Bukit Cendana juga cocok untuk berkemah. Saat itu ada beberapa tenda yang sudah berdiri. Jika hendak foto-foto, di atas juga sudah disediakan spot-spot selfie. Seperti ada bangunan rumah yang berbentuk segitiga. Selain cocok sebagai tempat mengabadikan momen, di spot itu juga cocok untuk bersantai. Duduk lesehan sembari memandangi area perbukita. Di sekitar.

Di atas bukit ini memang terkesan asri. Dihias dengan jalan setapak dari batu-batu yang tertara. Bagian pinggirnya dipercantik dengan tanaman hias. Di sekitar bukit juga disediakan kursi-kursi atau tempat tempat untuk bersantai lesehan. Para wisatawan nampak asyik menikmati sembari bernyanyi diiringi genjrengan-genhrengan gitar. Dari atas situ bisa menikmati pemandangan kota dan pemukiman di bawahnya. Panorama hijaunya perbukitan di sekitar Bukit sungguh memanjakan mata.

Di puncak bukit telah tersedia kedai mini yang juga menyediakan aneka makanan minuman. Tempat ini memang cocok untuk bersantai, sembari menikmati kuliner.

Didik, salah satu pengunjung mengaku enjoy saat berwisata di Bukit Cendana. Dia berencana untuk datang lagi. Kemudian camping bermalam dengan teman-temannya. "Untuk camping asyik," katanya. (Vachri/ Kontributor)