3 Produk Unggulan Desa Yang Bisa Dijumpai Di Banjarnegara UKM Expo & Festival Produk Lokal 2023

Banjarnegara UKM Expo & Festival Produk Lokal tahun 2023 mulai digelar sejak Rabu (22/2) sampai dengan Minggu (26/2) mendatang. Bertempat di Kawasan Alun-alun Banjarnegara, pameran ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-452 Kabupaten Banjarnegara. Dengan tema “Produk Lokal Menuju Pasar Global”, Banjarnegara UKM Expo menampilkan pameran produk UKM & jajanan lokal. Diantara produk-produk tersebut, beberapa di antaranya merupakan produk unggulan Desa yang ada di Kabupaten Banjarnegara. Yuk, kenali lebih dekat.

BATIK GUMELEM

Jika Lasem di Rembang dikenal dengan Batik Tiga Negeri, maka tak ketinggalan Banjarnegara dengan Batik Gumelem. Gumelem sendiri merupakan nama desa sentra produksi Batik tulis, tepatnya Desa Gumelem Wetan dan Desa Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan. Laman visit.banjarnegarakab.go.id menyebutkan bahwa lokasi kedua desa tersebut sekitar 40 km arah barat daya dari ibukota Banjarnegara. Hal yang menarik dari batik tulis Gumelem ialah motif khas “udan liris” dan “rujak senthe” dengan warna sogan (coklat), hitam, dan kuning.

KERAMIK KLAMPOK

Selain Batik, Banjarnegara juga punya sentra kerajinan keramik. Lokasinya di Desa Klampok, Kecamatan Purwareja, sehingga dikenal dengan nama keramik Klampok. Dikutip dari visit.banjarnegarakab.go.id, industri keramik Klampok mulai muncul tahun 1957. Keramik Klampok terbuat dari tanah liat yang dicetak dan dibentuk dengan teknik putaran. Tanah liat yang telah dibentuk lalu dijemur hingga kering, kemudian dibakar agar semakin kuat dan tahan retak. Selanjutnya adalah proses pewarnaan. Namun demikian, tak semua keramik diwarnai, ada yang dibiarkan saja seperti aslinya, sehingga tampak klasik.

OLAHAN SINGKONG

Singkong menjadi komoditas unggulan masyarakat Desa Majalengka, Kecamatan Bawang. Masyarakat setempat, melalui Kelompok Wanita Tani (KWT) Sinar Tani, mengolah singkong menjadi tepung mocaf dan tiwul instan dengan merek Sintabara. Tepung Mocaf sendiri merupakan tepung rendah gula hasil fermentasi singkong. Tepung ini bisa dipakai untuk segala macam jajanan, kue, brownies, cake, mie, dll. Jika ingin kudapan tradisional praktis, bisa mencoba tiwul instant. Cukup tambahkan air santan, lalu kukus 5-10 menit. Tiwul pun siap disajikan. Mudah bukan? (Admin)

Bagikan