4 Hal Yang Harus Dicoba Di Pantai Indah Widarapayung

Pesona pantai selatan dikenal dengan ombaknya yang besar. Sama seperti Pantai Indah Widarapayung atau masyarakat sekitar menyebutnya Pantai Widarapayung saja. Pantai Widarapayung ini yang terletak di Desa Widarapayung Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap. kurang lebih berjarak 35 km dari pusat kota Cilacap.

Pantai Widarapayung memiliki garis pantai yang panjang, pantai yang landai, dan ditumbuhi banyak pohon kelapa di tepi pantainya. Fasilitas Pantai Widarapayung sudah memadai. Ada beberapa warung makan, parkir yang luas, dan banyak kamar mandi yang membuat pengunjung nyaman.

Untuk masuk ke Pantai Widarapayung dikenakan tarif 7.500 per orang dan parkir motor 2.000. Pengunjung tidak hanya bisa masuk dari pintu utama saja tapi juga bisa masuk dari Pantai Ketapang Indah dan Pantai Karang Pakis. Ketiga pantai ini memang memiliki jalan penghubung. Di jalan penghubung ini ditumbuhi pohon yang lebat dan jalannya ada yang sudah beraspal, ada yang belum.

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung di Pantai Widarapayung, antara lain:

1. Naik Kuda atau Delman

Pantai yang landai membuat area bermain tepi pantai luas dan cukup untuk naik kuda atau delman. Ada banyak kuda atau delman yang bisa disewakan. Untuk kuda bisa dinaiki 1 orang dewasa atau 2 anak kecil. Sedangkan delman bisa menampung 2 orang dewasa atau 3 anak kecil beserta seorang kusir.

Tidak perlu takut naik kuda karena kudanya sudah terlatih dan pasti tetap dijaga oleh kusir atau pemilik kuda. Tarif naik kuda atau delman bervariasi, bisa nego langsung. Atau hanya sekedar ingin berfoto bersama kuda saja juga ada tarif foto.

2. Main Selancar

Ombak yang besar di Pantai Widarapayung bisa dimanfaatkan untuk berselancar. Ada tempat sewa untuk peralatan selancar. Pantai Widarapayung ini biasanya untuk tempat latihan atau berkumpul peselancar Cilacap. Baik yang hanya sekedar hobi berselancar atau atlet yang sudah mengikuti berbagai turnamen.

3. Berenang

Untuk pengunjung yang tidak bisa atau tidak ingin berselancar bisa berenang di Pantai Widarapayung. Ombak yang tinggi memang butuh kehati-hatian jika ingin berenang di pantai. Hendaknya pengunjung berenang tidak terlalu tengah. Bila tidak aman, akan ada peringatan dari pihak pengelola.

Atau kalau mau benar-benar aman, bisa berenang di kolam renang yang sudah disediakan. Di kolam renang sudah tersedia fasilitas memadai, seperti kamar mandi dan ban renang baik untuk dewasa atau anak-anak. Tarifnya 10.000 per orang sudah bisa berenang dengan aman.

4. Mencicipi Kuliner

Setelah lelah bermain, pasti kita merasa lapar. Kuliner yang harus dicoba di Pantai Widarapayung antara lain mendoan dan kripik yutuk. Mendoan di tepi pantai berbeda tidak seperti pada umumnya. Mendoannya lebar tanpa dipotong, jadi satu mendoan selebar piring. Jangan lupa lumuri dengan sambal kacang, kecap, atau sambal geprek sesuai selera. Makin nikmat dinikmati ketika masih hangat. Cemilan lain bisa coba kripik yutuk. Yutuk ini adalah undur-undur laut yang digoreng biasa atau digoreng seperti kripik. (Kasih/Kontributor)