Disporapar Jateng Apresiasi Kabupaten Dan Kota Raih Prestasi API Awards 2023

Momentum kebangkitan pariwisata Jawa Tengah terus berlanjut. Belum lama ini, 5 Kabupaten/ Kota di Jawa Tengah menerima penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2023. API Awards adalah ajang apresiasi kepada pariwisata Indonesia dimana masyarakat dapat memberikan pilihan kepada destinasi terfavorit atau terpopuler.

Penghargaan diberikan saat malam puncak API Awards 2023 yang berlangsung di Plaza Presisi Manise, Kota Ambon, pada Rabu (1/11/2023) malam. 

Pada kategori Minuman Tradisional Jamu Jun dari Kota Semarang meraih Juara 2. Kemudian, Lurik Klaten dari Kabupaten Klaten sukses menyabet posisi 1 Kategori Cinderamata dan Gunung Gajah dari Kabupaten Semarang menjadi Juara 2 Kategori Dataran Tinggi.

Kabupaten Demak sukses menjadi Juara 1 pada 2 (dua) kategori sekaligus, yakni kategori Wisata Olahraga & Petualangan melalui Jelajah Bumi Wali Offroad dan kategori Destinasi Kreatif melalui Tembiring Creative Fun. Selanjutnya, Kota Surakarta menorehkan prestasi Juara 1 kategori Atraksi Budaya melalui Atraksi Prajurit Keraton dan Juara 2 kategori Destinasi Baru melalui Pracima Tuin.

Kepala Disporapar Provinsi Jawa Tengah, Agung Hariyadi, mengucapkan selamat atas raihan prestasi tersebut.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, kami mengucapkan selamat kepada para Juara Anugerah Pesona Indonesia 2023. Semoga prestasi ini dapat memberikan dampak positif bagi pariwisata dan ekonomi kreatif di Jawa Tengah. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten/ Kota, pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif, masyarakat Jawa Tengah, dan semua pihak yang telah berpartisipasi dan memberikan vote," ujar Agung

Agung menambahkan bahwa pengembangan pariwisata dan peningkatan daya saing UMKM di sektor ekonomi kreatif merupakan salah satu dalam 10 program prioritas Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (Purn) Drs. Nana Sudjana A.S., M.M.

Dalam pelaksanaannya, pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Jawa Tengah membutuhkan kerja sama dan kolaborasi, antara pemerintah Provinsi, pemerintah Kabupaten/Kota, serta pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Tak lupa, kami mengajak masyarakat Jawa Tengah pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya untuk berwisata di Jawa Tengah," ucap Agung

Provinsi Jawa Tengah memiliki potensi wisata yang luar biasa mengagumkan. Wisata alam, budaya, buatan, sejarah, kuliner, hingga event. Semua destinasi pilihan wisatawan, ada di Jawa Tengah. Wisata pilihan kita, ya … di Jateng aja! (Admin)

Bagikan