6 Aktivitas Mengasyikkan Saat Berkunjung Ke Pantai Menganti

Pesisir selatan selalu menawan. Ia tidak pernah hentinya memberi pesona. Membuat betah mereka yang singgah.  Melepas penat walau sejenak. Enggan pulang sampai petang menjelang. Meninggalkan kenangan yang susah dilupakan.

Ia adalah Pantai Menganti.

Tempat istimewa yang untuk menjangkaunya saja tidak mudah. Harus melalui jalan menanjak, menurun, dan berliku. Tapi sesampainya di Pantai Menganti, pasti membuat kita betah malas pulang. Keunikan Pantai Menganti yang berupa pantai berbatu karang, pasir putih, dan bukit yang indah. Pantai Menganti ini terletak di Desa Karangduwur Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen.

Bila kalian ke Pantai Menganti, berikut ini keseruan yang bisa kalian lakukan:

Menikmati pemandangan

Terdengar ajakan yang biasa saja. Tapi coba kalian bayangkan duduk di gubug bambu menghadap ke laut lepas, di atas bukit, bawah pohon rindang, dan angin yang semilir. Dengan latar suara ombak atau sesekali burung yang lewat ditambah minum es kelapa muda. Spot yang cocok untuk menikmati pemandangan bisa di Lembah Menguneng dan Tanjung Karang Bata. Di dekat Tanjung Karang Bata juga ada mercusuar yang menjadi ikon Pantai Menganti. Belum sampai Pantai Menganti kalau kalian belum sampai ke mercusuar ini.

Menunggu matahari terbit atau tenggelam

Posisi pantai menganti menjorok ke laut membuat kita bisa menikmati matahari terbit atau tenggelam yang indah. Moment ini biasanya yang ditunggu-tunggu oleh pengunjung yang menginap di Pantai Menganti.

Foto di Jembatan Merah

Selain mercusuar, ikon dari Pantai Menganti adalah Jembatan Merah. Jembatan ini tidak di atas laut atau pantai, melainkan di atas batu karang. Karena banyak sekali batu karang di Pantai Menganti dibuatlah Jembatan Merah. Selain untuk spot foto, Jembatan Merah juga digunakan agar pengunjung aman dan nyaman berjalan tanpa sakit terkena tajamnya batu karang.

Menginap di Pantai Menganti

Kalau kalian ingin menikmati matahari terbit atau tenggelam, lebih baik camping sekalian. Kenapa? Karena jalan menuju Pantai Menganti yang menanjak dan berliku dengan jurang di samping kanan kirinya, berbahaya untuk pengendara apalagi malam hari. Jadi, lebih baik camping sekalian. Fasilitas untuk camping juga memadai. Sudah ada area camping yang disediakan namanya Gupakan Kebo. Tenang, di area camping ini tidak ada kebo (kerbau). Hanya penamaannya saja yang begitu. Bila ingin menyewa tenda dan peralatan lainnya juga disediakan. Malas atau takut camping? Di sekitar area camping juga ada penginapan sederhana, cukup untuk menginap semalam dengan harga yang terjangkau.

Memancing

Pantai Menganti juga cocok untuk kamu yang suka memancing. Ada spot khusus untuk para pemancing di Pedudulan. Tempat ini juga cocok untuk menikmati matahari terbenam karena lokasinya yang di bagian barat Pantai Menganti.

Makan mendoan atau seafood

Nah, ini perpaduan dari semua yang bisa kalian lakukan di Pantai Menganti. Setelah menikmati pemandangan, puas berfoto ria, menunggu matahari terbit atau terbenam, camping, dan memancing. Tiba saatnya makan hasil pancingan. Atau kalau mau beli juga bisa. Ada TPI dan warung yang menjual seafood. Tidak suka seafood? Kalian harus coba mendoan yang besarnya sepiring penuh tanpa dipotong. Mendoan yang hangat dengan sambal kecap atau kacang, sungguh nikmat dimakan setelah lelah menikmati Pantai Menganti.

Menyenangkan bukan? Jangan lupa sediakan waktu yang cukup bersama teman atau keluarga untuk berlibur ke Pantai Menganti. Dan membawa kendaraan sendiri, karena tidak ada kendaraan umum yang sampai Pantai Menganti. Yuk, jalan-jalan! (Kasih)