Curug Sewu Dan Sejuta Keindahan Alaminya

Daya tarik wisata yang sudah ada sejak lama ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Bahkan bisa dibilang masih alami dan tidak banyak pengunjung yang datang ke sana. Obyek wisata ini adalah Curug Sewu yang merupakan wisata air terjun terkenal di Kabupaten Kendal. Lokasinya berada di Desa Wisata Curug Sewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Udara yang masih bersih, lingkungan sekitar yang masih hijau serta pemandangan alami dari air terjunnya sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga. Curug Sewu memiliki perbedaan dibandingkan dengan air terjun yang ada di sekitarnya, yaitu memiliki tiga tingkatan dengan debit air terbilang sangat besar.

Jika ingin mengabadikan momen dengan latar Curug Sewu ini, spot paling bagus berada di tingkatan paling bawah. Perlu jalan kaki sekitar 300 meter dengan jalanan licin dan menurun. Jangan lupa untuk menyiapkan baju ganti sebelum turun ke tingkat paling bawah karena baju akan basah karena rintik air yang terbawa angin dari air terjunnya.

Sayangnya, karena debit air yang terlalu deras dan lokasinya yang curam maka pengunjung dihimbau untuk tidak mandi di air terjun. Lagipula untuk turun pun harus melewati jurang, jadi tidak bisa bersuka-ria bermain air seperti di air terjun lainnya. Masih ada pemandangan lain yang menarik di sekitar Curug Sewu ini yaitu goa-goa dan batu besar yang cocok untuk latar foto maupun video.

Akses Menuju Ke Lokasi

Untuk menuju ke tempat wisata ini, ada beberapa alternatif jalan yang bisa dilalui yaitu dari arah Temanggung, Batang, dan Semarang. Dari arah Semarang bisa melewati Mijen lalu menuju ke Cangkiran dan kemudian ke arah Singorojo dan Patean. Nantinya akan ada banyak petunjuk arah yang menuju ke Desa Curugsewu sehingga hanya perlu mengikutinya saja.

Selama perjalanan, akan ada banyak pemandangan menarik seperti pemandangan gunung, kebun buah, perbukitan yang masih asri dan perkebunan cengkeh. Jalanan yang akan dilalui pun juga sangat bagus dan sedikit jalanan yang berlubang.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas yang Ada Di Dalamnya

Setelah sampai di lokasi, pengunjung diwajibkan untuk membayar retribusi masuk yaitu sebesar Rp 5.000,- untuk tiket masuk hari biasa, Rp 2.000,- untuk parkir motor, dan Rp 3.000,- untuk parkir mobil. 

Ada banyak fasilitas yang tersedia di tempat ini seperti area parkir yang luas, toilet, ruang ganti, taman, spot selfie, warung makan dan arena bermain anak-anak.

Untuk jam operasionalnya mulai buka dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Hal ini mengingat daerahnya yang masih termasuk area hutan, jadi pengunjung tidak diperbolehkan menuju air terjun setelah jam 5 sore demi keamanannya.

Curug Sewu memang bisa disebut sebagai tempat wisata yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Lokasinya yang strategis dan mudah dijangkau bisa menjadi alasan utama untuk berkunjung ke sana. (Nico)

Bagikan