Es Puter Conglik, Unik Dan Legendaris Dari Kota Semarang

Kalau ditanya tentang kuliner Semarang pasti jawabannya adalah tahu gimbal, lumpia, pisang planet atau yang lainnya. Namun pernahkah mendengar tentang kuliner es puter Conglik? Pasti belum, kan?

Kuliner yang berupa es krim tradisional ini memiliki cita rasa yang unik dan meleleh di mulut. Berbeda dengan es puter yang sering dijual keliling, es puter Congklik memiliki cita rasa yang bikin nagih dan tidak kalah dengan es krim modern saat ini.

Rahasianya ada di bahan dasar es krimnya yang menggunakan bahan asli tanpa adanya perasa tambahan. Ada empat varian rasa yang bisa dipilih yaitu durian, kelapa muda, alpukat dan coklat. Dari empat varian rasa tersebut bisa dipilih dua varian rasa jika ingin mencobanya dalam semangkuk es puter Conglik.

Porsinya yang lumayan besar ditambah dengan pilihan toping yang bisa ditambahkan seperti kolang-kaling raksasa, siwalan, roti dan agar-agar.

Untuk varian rasa durian akan ditambahkan toping buah durian yang asli dan matang. Tentu sangat cocok bagi mereka yang sedang “ngidam” durian walau sedang tak musim durian, ya!

Rasanya yang manis dengan tekstur ala es puter yang agak kasar menjadikan paduan rasa yang bikin ketagihan.

Sebetulnya, kuliner es puter Conglik ini sudah ada sejak tahun 1982 dan hingga kini diwariskan ke generasi kedua (Bu Tri). Awalnya dijajakan oleh Pak Sukimin (kakeknya) di daerah Pecinan dengan menggunakan gerobak kecil.

Nama “Conglik” memiliki arti “kacung cilik” atau dalam Bahasa Indonesianya adalah pembantu kecil. Dulunya, resep dan cara pembuatannya diajarkan langsung oleh orang Belanda dan masih dijaga resepnya sampai sekarang ini.

Proses pembuatannya pun masih terbilang tradisional karena menggunakan termos yang diisi adonan es  lalu pada bagian luar termosnya ditempatkan garam krosok agar tetap bisa menghasilkan tekstur es krim yang beku.

Tak heran rasanya berbeda dengan es puter lain yang biasa dijajakan oleh pedagang keliling.

Nah bagi yang sudah penasaran bisa datang langsung ke tempatnya yaitu di Jalan Ahmad Dahlan No. 11, Semarang, lokasinya berada di depan Rumah Sakit Tlogorejo Semarang.

Satu porsi es puter Conglik dihargai 20 ribu sampai 30 ribu rupiah per porsi tergantung dari toping dan varian rasa yang diinginkan.

Warungnya buka dari jam 4 sore sampai jam 10 malam dan tetap buka pada hari besar atau hari nasional. Jangan heran jika banyak wisatawan yang datang dan mencicipi es puter Conglik ini walau sedang hujan atau pun saat malam hari.

Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini tetap buka dan bahkan sudah menyiapkan protokol kesehatan seperti menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer pada setiap mejanya. (Nico)