Geliat Surga Wisata Air Terjun Di Desa Giritirta Banjarnegara

Kabupaten Banjarnegara merupakan surganya wisata alam dan budaya. Hampir setiap desa memiliki keunikannya. Tak heran jika Kota Dawet Ayu ini dijuluki ;jantungnya wisata Jawa Tengah' atau 'The Heart of Java'.

Dari ratusan keunikan daya tarik wisata tersebut, salah satunya ialah Curug Genting yang menjulang setinggi kurang lebih 70 m dan gemuruh Curug Mrawu dengan ketinggian kurang lebih 60 m, Keduanya merupakan wisata air terjun yang mengapit Curug Gita di Kecamatan Pejawaran yang memiliki keistimewaan sebagai sumber air panas.

Ketiga surga wisata air terjun ini dapat kita jumpai di Dusun Mliken, Desa Giritirta yang menjadi primadona wisatawan sejak 2012an. Semua berawal dari tekad Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis Dewi Gita) untuk berbenah memoles daya tarik wisata Surga Air Giitirta. Saat ini sudah memasuki tahap pembuatan desain. Tujuannya tak lain untuk menarik wisatawan.

Membangun sinergitas dan kerja keras rupanya menjadi motto yang terpatri pada tiap para pejuang parwisata Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran. Hal ini mendapat apresiasi para pemangku kebijakan. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara Drs. Agung Yusianto, M.Si, didampingi Camat Pejawaran (Anang Sutanto, S.STP,M.Si), Kepala Desa (Eri Yuliyanti), Sekretaris Desa (Megawati) Ketua Pokdarwis (Herry) dan segenap anggota Pokdarwis Dewi Gita Desa Giritirta bertandang mengunjungi dan melihat langsung kondisi daya tarik wisata sumber sungai Mrawu yang merupakan anak sungai Serayu, pada Rabu (20/01).

Kadisparbud Kabupaten Banjarnegara menyebut tiga sumber air sebagai ikon wisata Desa Giritirta dan menamainya dengan Zagita (Zurga Air Giritirta).

"Kami, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, mempunyai kewajiban dalam peningkatan kapasitas SDM para pengelola obyek wisata juga Kelompok Sadar Wisata, karena pariwisata semakin dikelola semakin mensejahterakan masyarakat, mengelola pariwisata harus bernafas panjang, tidak mengenal putus asa selalu update dan menjaring sinergitas apalagi obyek ini berdekatan dengan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng”, ujarnya.

Agung juga berharap semua daya tarik wisata di Kabupaten Banjarnegara bisa menjadi penopang Destinasi Dieng, sehingga lebih banyak masyarakat yang mengambil manfaat dari keberadaan daya tarik wisata tersebut. Dalam kesempatan yang sama Camat Pejawaran Anang mengapresiasi para anggota Kelompok Sadar Wisata, Kepala Desa beserta perangakat dan masyarakat Desa Giritirta.

"Saya sangat salut atas semangat dan tekad temen - temen semua, mari kita tingkatkan kreativitas untuk kemakmuran kita bersama dan saya berharap keberlanjutan dan konsisten dalam membangun sebuah daya tarik wisata," harapnya.

Kepala Desa Giritirta, Eri Yuliyanti, menyampaikan bahwa ketiga curug merupakan sumber Sungai Mrawu, anak Sungai Serayu, yang mengalir sampai samudera Hindia, "Curug Gita dengan sumber air panas dipercaya bisa mengobati penyakit kulit dan rematik," katanya (Dien’s-21 / Dinparbud Kabupaten Banjarnegara)

Bagikan