Seharian Di Desa Wisata Pandanrejo - Kabupaten Purworejo

Kabupaten Purworejo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di perbatasan Jawa Tengah. Bertetangga dengan Daerah Istimewa Yogyakarta, Purworejo memiliki pesona yang tak kalah indahnya.

Salah satu daya tarik wisata di Purworejo adalah Desa Wisata Pandanrejo. Desa ini menyuguhkan berbagai wisata alam, aktivitas, maupun kuliner yang tidak bisa kamu temui di tempat lainnya. Jadi, menghabiskan waktu seharian pun di sini rasanya tidak cukup.

Bukit Sibutrong bisa menjadi tujuan pertama ketika berkunjung ke sini. Namun, pastikan kamu memiliki stamina dan kaki yang kuat karena butuh menaiki enam puluh Sembilan anak tangga yang berbatu. Setelah sampai di puncak, pemandangan Purworejo yang dikelilingi bukit dan gunung sangat menyegarkan mata.

Selain itu, kamu juga bisa berkemah di puncak bukit karena telah tersedia lahan luas yang cukup menampung kurang lebih lima belas tenda. Suasana yang sejuk pasti membuat betah berlama-lama di sini.

Setelah turun dari Bukit Sibutrong, kamu bisa berkunjung ke Kampung Cantik. Kampung ini sebenarnya adalah kampung yang rumah-rumahnya disewakan sebagai homestay. Rumah bersih dan pemilik yang ramah membuat citra Kampung Cantik dikenal sangat baik. Bahkan di homestay ini masih bisa ditemukan dapur tungku yang membuat kamu serasa di rumah nenek. Untuk harga, kamu bisa mendapatkan harga mulai dari seratus ribuan per malam. Sangat terjangkau, bukan?

Yang membuat Kampung Cantik menarik adalah aktivitas eduskasi menyambung tanaman dalam tiga warna. Biasanya, aktivitas ini diikuti oleh pelajar yaitu siswa- siswa TK hingga SD. Warga di sini juga menjual berbagai bibit tanaman dengan harga miring. Sebut saja janda bolong, keladi tisu, dan lain-lain.

Lalu tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Desa Pandanrejo tanpa mampir ke peternakan Kambing Etawa. Bukan main, kambing di sini juga telah berprestasi hingga juara di tingkat nasional. Kamu bisa berinteraksi dengan para kambing didampingi sang pemiliknya. Mulai dari memberi makan, memerah susu, sampai minum susu kambing yang masih segar dan hangat.

Sudah puas minum susu kambing, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Puncak Gunung Gajah. Daya tarik wisata ini menjual pemandangan Purworejo bahkan Yogyakarta dari ketinggian 835 mdpl. Ada menara Gunung Gajah yang harus kamu panjat karena di atas menara ini kamu bisa melihat indahnya Gunung Slamet, Gunung Menoreh, dan juga Gunung Merbabu. Bagi yang suka bersepeda, ini juga cocok sebagai tujuan karena treknya yang menanjak dan sedikit berkelok pastinya menantang. Tiket masuknya pun sangat murah yaitu lima ribu rupiah saja.

Apakah Desa Wisata Pandanrejo masuk ke wishlist kamu? (Xie)

Halaman 1 2