Jalan-jalan Ke Pantai Karangjahe Rembang

Ada pantai yang ciamik di wilayah Kabupaten Rembang. Namanya sudah masyhur. Karangjahe. Pantai dengan hamparan pasir putih. Yang banyak pohon Cemara itu. Letaknya di desa Punjulharjo. Selalu ramai pengunjung. Terutama saat hari-hari libur. Memang asyik. Di area pantai pun ada berbagai wahana permainan.


Dari jalan Pantura Rembang-Tuban sudah terlihat jalur masuk wisata Karang Jahe. Di wilayah desa Punjul Harjo. Masuk jalan desa sekitar 1,5 km. Sudah langsung sampai. Tiket masuknya pun murah.  


Pantai Karangjahe sangat ramai, terutama pada hari libur. Warung-warung berjajar di pinggir. Jualan Es kelapa muda, kopi, dan sebagainya. Sementara, para pengunjung menikmati kudapan pesanan mereka dengan lesehan. Sudah digelarkan tikar dibawah rimbunnya pohon Cemara itu. Asyik. Semilir.
Di area pantai tak kalah ramai. Hilir mudik wisatawan menjajal motor ATV. Atau motocrooss mini.


Sebelumnya, pantai Karangjahe tidak seramai sekarang. Kawasan ini dulunya merupakan dataran pantai yang sempat terkena abrasi. Agar bencana tersebut tidak terus-terusan terjadi, warga melakukan penghijauan dengan ditanami tanaman bakau, tapi tak tumbuh. Setelah itu, masyarakat tetap terus mencoba untuk menghijaukan pantai karang jahe dari tahun ke tahun hingga berhasil menemukan tanaman yang sesuai dengan karakter pantainya, yakni jenis pohon Cemara. Pohon-pohon itu tumbuh baik dan keasriannya bisa dinikmati sekarang.


Beberapa kali ke pantai ini tidak akan pernah bosan. Kenapa ? Salah satu alasan utama ya melihat pohon-pohon Cemara ini, berjejer rapi dan sangat rindang. Menikmati panorama pantai sembari duduk lesehan menyeruput secangkir kopi. Pemilik warung juga ramah-ramah.  Selesai ngopi, bisa jalan-jalan menyusuri pantai. Melihat para wisatawan yang nampak bahagia. Bersama sanak keluarga. Raut anak-anak juga ceria.

Bagikan