Kemeriahan Puncak Acara Festival WR Soepratman 2023

Puncak acara Festival WR Soepratman 2023,  “Tribute to WR Soepratman”, berlangsung pada Minggu (19/3) malam di  Amphiteater Alun-Alun Purworejo. Acara dimulai dengan menyanyikan bersama Lagu “Indonesia Raya”, Mars dan Hymne Purworejo oleh Ganesa Voice Feat. Mentari Music serta para hadirin tamu undangan dan masyarakat Purworejo. Selanjutnya, penyerahan hadiah Lomba Mewarnai dan sambutan oleh Stephanus Aan Isa, selaku Kepala Disporapar Kabupaten Purworejo. 

Acara berlangsung meriah dengan sajian musik dan lagu WR Soepratman yang dinyanyikan oleh Ganesha Voice Feat Mentari Music (Selera Masa). Mereka juga menyanyikan beberapa lagu lainnya, seperti Gebyar-Gebyar (Gombloh), Tresno Purworejo, Laskar Pelangi (Nidji). Di penghujung acara, penonton disuguhkan penampilan band lokal, Beda Band Purworejo.

Festival WR Soepratman menjadi acara tahunan untuk mengenang WR Soepratman sebagai tokoh pahlawan yang juga putra daerah Purworejo. Sejarah mencatat, WR Soepratman lahir pada Kamis Wage 19 Maret 1903 di Desa Somongari, Kec. Kaligesing. Ia tumbuh dalam keluarga musisi, sehingga mahir memainkan alat musik.

Saat itu, WR Soerpratman tertarik untuk terjun dan  berkeinginan untuk menciptakan lagu kebangsaan. Hingga pada tahun 1924 lagu Indonesia Raya lahir. Empat tahun kemudian, pada Kongres Sumpah Pemuda II pada Oktober 1928, lagu ciptaannya diperdengarkan secara instrumental dengan menggunakan biola untuk pertama kalinya.

Karya-karya WR Soepratman lainnya ialah Dari Barat Sampai ke Timur, Bendera Kita, Bangunlah Hai Kawan, Ibu Kita Kartini, Indonesia Hai Ibuku, dan Matahari Terbit. Beliau wafat pada 17 Agustus 1938, 7 tahun sebelum proklamasi Kemerdekaan Indonesia.(Admin)

Bagikan