Keunikan Desa Wisata Conto Wonogiri Yang Bikin Jatuh Cinta

Daya tarik wisata di Wonogiri sudah tidak diragukan lagi. Ada waduk yang menjadi primadona, geopark yang mendunia, pantai indah tiada dua, juga kuliner yang berselera. Namun, ketika berkunjung ke kota Mete ini, tambahkan pengalaman Anda dengan berlibur ke Desa Wisata Conto.

Desa Wisata Conto terletak di Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri yang terbagi menjadi 5 Dusun yaitu Dusun Nglarangan, Dusun Ngelo, Dusun Dalisemar, Dusun Kempul, Dusun Sumber. Desa ini berjarak sekitar 46 km dari alun-alun Giri Krida Bhakti dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Dikutip dari jadesta.kemenparekraf.go.id, Desa Wisata Conto mengembangkan konsep wisata alam dan wisata edukasi. Wisatawan tak hanya menikmati keindahan alam, tetapi juga mendapatkan pengetahuan, sehingga pengalaman berwisata semakin menyenangkan. 

Desa Wisata Conto baru saja masuk dalam 75 Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf RI. Sebagaimana dilansir dari heloindonesia.com, Ketua Pokdarwis Cinta Conto, Asef Indriyanto menjelaskan, penghargaan ADWI memberikan nilai plus bagi Conto, dan menjadi pelecut untuk bisa berkembang lebih maju.

Asef menceritakan bahwa mayoritas wisatawan yang berkunjung ke Conto lebih sering untuk berwisata alam dan menginap ke homestay. Selama tinggal, mereka belajar kegiatan masyarakat, seperti pergi ke sawah, mencari rumput, menanam sayuran, dan berkebun. Mereka juga menyukai belajar cara membatik, memanen kopi, mengolah, hingga siap seduh.

Secara umum daya tarik wisata di Desa Wisata Conto dibagi menjadi Area Goa Resi, Area Bukit Gendol, Kebun Sayur Banteng, Sawah Terasering, Bumi Perkemahan Sumber, Soko Langit, Lapangan Dalisemar, Puncak Kukusan dan Jalan Kenangan.  Semua spot wisata tersebut memiliki segmen sendiri. Anak-anak sekolah lebih banyak pada edukasi bercocok tanam, Soko Langit diminati oleh anak, dan Goa Resi untuk keluarga.

Keunikan lainnya ialah seni budaya. Masyarakat Desa Conto hingga saat ini masih melestarikan berbagai budaya Jawa seperti kenduri, tahlilan, sepasaran dan ngreksa bumi, juga kesenian tradisional, seperti hadroh, angklung, reog dan gamelan.

Jika tertarik untuk mencari informasi lebih lanjut atau reservasi paket wisata, silakan follow Instagram @cintaconto. (Admin)

 

Bagikan